kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,91   -7,46   -0.75%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jasa menata meja kian banyak diburu


Minggu, 23 Desember 2018 / 07:00 WIB
Jasa menata meja kian banyak diburu


Reporter: Elisabeth Adventa, Sugeng Adji Soenarso, Tri Sulistiowati, Venny Suryanto | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Seiring dengan perkembangan tren event, penyedia jasa penata meja atau yang lebih dikenal dengan sebutan table decoration atau table setting kian banyak dicari. Bisnis ini memberikan kemudahan untuk mengadakan acara-acara kecil, seperti birthday, anniversary, baby shower, maupun event-event Christmas, Valentine, Halloween, dan lainnya.

Pemain atu penyedia jasanya juga terus bertambah. Salah satunya adalah Weneeddecoration. Thedora Regina, pendiri Weneeddecoration, bersama dua rekannya, merintis jasa table decoration ini sejak 2017.
Regina mengatakan ide berbisnis table decoration ini muncul setelah melihat potensi luar biasa.

Khususnya dari generasi milenials yang semakin kecanduan sosial media dengan gaya hidupnya yang sering mengapresiasi dan merayakan suatu moment tertentu. Sebab, biasanya, mereka akan mengunggah foto-foto acara itu di media sosial.

Regina bersama rekan-rekannya menawarkan banyak paket table decoration. Harganya disesuaikan dengan permintaan konsumen atau mulai dari Rp 500.000.

Selain jasa dekorasi, konsumen juga akan mendapatkan sewa peralatan (party property), fotografer dan costumize design (tergantung dari tempat dan event). “Mulai dari pemesanan venue, decoration, dan lainnya kami kerjakan bertiga,” ujar Regina.  

Karena menjadi hobi, Regina dan timnya bisa menyelesaikan proyek dekorasi hanya dalam dua jam. “Tapi, tergantung permintaan custumer juga ya,” tambahnya.  

Penyedia jasa table decoration lainnya adalah Yusiana. Pemilik Jeans Decoraton asal Semarang, Jawa Tengah ini mengatkan, dekorasi meja sedang digandrungi anak-anak muda untuk memberikan pesta kejutan ulang tahun maupun bridal shower teman-teman terdekatnya. "Mungkin mereka mengikuti perkembangan apa yang sedang populer di luar negeri," katanya.

Selain untuk pesta kejutan, jasa penata meja ini juga banyak diburu saat moment spesial, seperti perayaan Natal dan Valentine. Perempuan yang lebih akrab disapa dengan Yusi mengaku, kedua moment tersebut menjadi masa panennya karena permintaan bisa meningkat dua kali lipat dari biasanya. Rata-rata dalam sebulan, dia mendapat tiga sampai lima pesanan.

Tema yang paling banyak dipilih konsumennya adalah rustic, yaitu dekorasi dengan material aneka bunga yang dipadu ranting atau kayu. Yusi bilang, desain konsep ini  terlihat sederhana, tapi cantik dan  sesuai dengan selera anak muda masa kini.

Biasanya, pemesanan dilakukan tujuh hari sebelumnya. Pasalnya, butuh persiapan dan konsultasi terkait tema. Sebab, Yusi juga memakai pernak-pernik buatan tangannya juga. Tarif jasa penataan meja ini dipatok mulai Rp 500.000, tergantung dengan tema dan desain pilihan konsumen.

Yusi bilang, kendala yang sering dia hadapi biasa kondisi venue. "Saat kami tak tahu lokasinya, cukup sulit membayangkan luas dan bentuk venue yang akan dihias," jelasnya.

Order kian banyak

Berawal dari kegiatan mendekorasi sejumlah acara pernikahan saudaranya, Natasha Naomi merintis  Summer Glow, layanan khusus dekorasi meja sejak 2016 lalu.

"Awalnya tahun 2012, saya dekor meja untuk pernikahan kakak saya sendiri. Dari situ mulai banyak teman dan saudara lain yang minta tolong didekorin juga. Bisa untuk ulangtahun, bridal shower, dan sebagainya," ungkapnya.

Layanan table setting buatan Summer Glow biasanya dibanderol Rp 150.000-Rp 200.000 per orang. Beragam tema yang ditawarkan seperti rustic, gold, stars, florals dan white.

Natasha mengatakan, dirinya juga kerap menerima permintaan tema yang berbeda dari klien. "Pada dasarnya saya kembalikan ke klien sih, maunya tema dekor seperti apa. Kalau mereka sudah ada tema khusus yang lebih bagus. Saya bisa menyesuaikan," tuturnya.

Setahun belakangan, ia mengatakan tema rustic dan gold paling banyak diminati oleh kliennya. Apalagi, tema rustic untuk table setting masih jarang ada yang menggarap.

Selain layanan table setting, Summer Glow juga menawarkan layanan dekorasi sweet corner dan canape corner. Sweet corner biasanya didekorasi dengan aneka kue dan cake seperti cupcake, pop cake, dan sebagainya. Harga layanan sweet corner maupun canape corner dibanderol mulai Rp 2,75 juta per paket.

Natasha mengungkapkan, harga paket dekorasi juga disesuaikan dengan harga bunga. Untuk bunga artifisial biasanya harganya cenderung lebih murah dan stabil. Sedangkan bunga segar cenderung sedikit lebih mahal dan fluktuatif harganya.

Ia pun menjelaskan, pada bulan-bulan tertentu, harga bunga segar mengalami kenaikan. Seperti pada bulan Februari yang terdapat moment Valentine dan saat bulan Desember yang terdapat moment Hari Ibu, Natal dan Tahun Baru. Ia pun menyarankan calon klien untuk memesan layanan dekorasi jauh-jauh hari agar harganya bisa disesuaikan.

"Saat bulan-bulan ramai sebaiknya minimal booking seminggu sebelumnya. Kalau mendadak biasanya full atau harganya jadi lebih mahal karena harga bunga segar juga sering naik di bulan tertentu," jelasnya.

Sama seperti saat akhir tahun ini, beberapa klien bahkan sudah memesan dekorasi sejak akhir November. Permintaan akhir tahun juga selalu mengalami lonjakan dibanding bulan- bulan sebelumnya. Natasha bilang, peningkatan permintaan mencapai 40% sampai 50% lebih banyak dibanding bulan-bulan sebelumnya.

"Akhir tahun ini banyak yang sudah booking sejak November. Ada yang untuk pernikahan, ulangtahun, Christmas lunch, Christmas dinner sama tahun baru. Apalagi kalau bulan November dan Desember, banyak yang nikah, biasanya banyak bridal shower juga," tuturnya. Tak jarang, Natasha juga harus menolak beberapa klien karena permintaan sudah penuh dan waktunya tidak memungkinkan.

Menurut Natasha. kreatifitas dalam bisnis table setting adalah kunci utama agar dapat berkembang dan bertahan dalam persaingan bisnis table setting.

Ia mengaku bisa membuat desain yang berbeda dari acara yang sama, meski dengan tema yang sama. "Hasil dekorasi saya di tiap acara klien pasti beda-beda, walaupun temanya sama. Saya sering tambahkan personal touch di tiap dekorasi yang saya buat," tandasnya.

Berangkat dari bisnis merangkai bunga, Myra Halim terjun menawarkan jasa  table setting. Pemilik Liliane Decoration ini mengatakan, sejak dua tahun lalu, permintaan dekorasi meja mulai menghampirinya.

Hingga saat ini, Myra menyebutkan bahwa permintaan cukup deras mengalir. Dalam seminggu, biasanya dia menggarap dua hingga tiga order table setting.

Menurutnya, hal tersebut juga lantaran berkembangnya gaya hidup masyarakat yang kerap menggelar acara. Berangkat dari banyaknya acara dan kegemaran masyarakat dalam berfoto yang akhirnya memberikan keuntungan untuk bisnis yang dijalankannya.

"Jadi sekarang juga gaya hidup orang-orang itu suka membuat acara dan sekarang Instagram juga media sosial sedang hype jadi saat orang-orang berfoto pada acara gambar yang dihasilkan tidak flat," jelasnya.

Myra menyebutkan, saat ini dirinya fokus pada dekorasi meja. Namun, ia tetap menerima konsumen yang ingin memesan backdrop dan kebutuhan dekorasi lainnya.

Untuk layanan dekorasi ini, Myra menyebutkan ada beberapa macam harga. Mulai dari Rp 1,5 juta hingga Rp 5 juta. Harga tersebut disebutnya tergantung dari tema dan jenis bunga yang diinginkan konsumen.

Melihat tingginya minat masyarakat akan estetika, Myra bilang, tahun depan akan menambah layanan yang ditawarkan. "Tahun ini kami kan baru table decoration saja, nah di tahun depan kami ingin merambah pada event yang lebih besar," tuturnya.

Dengan maraknya pemain di bisnis yang sejenis, ia bilang keunggulan dari Liliane Decoration sendiri pada pemilihan bunga. Hal tersebut lantaran bisnisnya tersebut berangkat dari florist sehingga lebih memahami pemilihan bunga yang tepat untuk tiap acara yang diadakan.

"Jadi bunga itu memiliki arti masing-masing. Nah, karena kami berangkat dari florist, kami jadi lebih tau arti pemakaian bunga yang cocok untuk suatu event," ujarnya.                           

Menjalani bisnis dekorasi dari hobi

Seiring dengan berkembangnya media sosial, berbagai bisnis yang berkaitan dengan dekorasi juga ikut berkembang. Sebab, dekorasi menjadi pendukung yang membuat foto terlihat lebih indah dan menarik.  .
Tak hanya itu, kian banyak pula terselenggara event sebagai perayaan atau peringatan suatu moment.

Kedua hal inilah yang mendorong jasa dekorasi meja (table decoration atau table setting) kian marak.
Para pemain yang terjun ke bidang jasa ini pun mengakuinya. Menurut Theodora Regina, pemilik Weneeddecoration, jasa table decoration ini akan semakin berkembang. Sebab, kian banyak orang memberi penghargaan terhadap hal-hal kecil, seperti kumpul dengan orang-orang terdekat. Dia pun memprediksi, nanti juga akan terus bermunculan ide-ide dan kreatifitas baru.

Natasha Naomi, pemlik Summber Glow juga melihat hal yang sama. Ia melihat potensi bisnis dekorasi meja ini terus meningkat setiap tahun. Apalagi, jasa dekorasi meja ini belum banyak pemainnya.

Lantaran belum banyak pelaku jasa table setting ini, Yusiana, pemilik Jeans Decoration juga belum merasakan persaingan bisnis yang ketat. Ia pun meramalkan, prospek jasa table decoration akan semakin bersinar seiring bertambahnya pasar.

Namun, untuk terjun ke bisnis ini, butuh kreatifitas tiap pemainnya. Oleh karena itu, seringkali bisnis ini berkembang dari hobi yang sudah dimiliki oleh para dekorator sebelumnya. Tengok saja, hampir seluruh pemain berangkat dari hobi mereka dalam bidang dekorasi.

Regina pun mengatakan, hal yang penting diperhatikan dalam menjalankan bisnis table setting ini harus didasari hobi. “Saya menjalankan bisnis ini  karena hobi dan senang kalau melihat klien juga happy melihat hasil karya kami,” katanya.  

Menurutnya, tantangan yang dihadapi dalam menjalani bisnis ini adalah bisa menjawab ekspetasi klien atau konsumen pada hasil dekorasinya. Jadi sebelum hari H, Regina harus berdiskusi dahulu untuk mengetahui konsep detil yang diinginkan. “Jadi sebelumnya kami harus diskusi detil dengan konsumen, supaya hasilnya bisa sesuai dengan ekspetasi yang diharapkan,” ujarnya.

Regina juga menyiapkan paket menjelang akhir tahun dengan special harga Rp 100.000 per orang dan free transportasi ke tujuan Rp 50.000 - Rp 100.000 untuk di Jakarta dan Tangerang.

Pemain lainnya, Yusiana, juga mengatakan jalanin bisnis ini harus berbekal hobi dekorasi dan berkreasi. Dia pun optimis bisnis ini akan berkembang karena masih banyak dicari oleh masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×