kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kandang sapi bermasalah, ikuti program renovasi kandang dari Frisian Flag


Sabtu, 18 Juli 2020 / 20:01 WIB
Kandang sapi bermasalah, ikuti program renovasi kandang dari Frisian Flag
Program renovasi kandang sapi perah Frisian Flag Indonesia


Reporter: Markus Sumartomdjon | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Frisian Flag Indonesia (FFI) saat ini tengah menjalankan program renovasi kandang bagi para peternak sapi perah di Lembang dan Pangalengan, Jawa Barat. Program ini untuk membantu para peternak yang merupakan mitra FFI memiliki kandang ideal yang lebih nyaman dan higienis bagi sapi perah ternaknya agar dapat meningkatkan produktivitas susu sapi.

Syarat kandang yang baik ditentukan oleh pemilihan lokasi, tata letak, konstruksi, bahan, sirkulasi udara dan perlengkapan kandang.  Saat ini sebagian besar kondisi kandang sapi perah di Indonesia belum memenuhi syarat tersebut. Selain karena faktor pengetahuan, biaya yang cukup besar untuk membangun kandang yang baik juga menjadi tantangan peternak.

Project Manager DDP & FDOV PT Frisian Flag Indonesia, Akhmad Sawaldi, menjelaskan program renovasi kandang dari FFI mengacu pada Good Dairy Farming Practice (GDFP) yang diterapkan oleh FrieslandCampina di seluruh dunia. Program ini untuk membantu peternak sapi perah menghadapi tantangan menyamankan sapi perah dan memudahkan pekerjaan peternak di kandang menjadi lebih ringan, karena dengan meningkatkan kenyamanan sapi perah membuat produktivitas sapi perah menjadi lebih baik.

Baca Juga: Gapmmi: Produk susu punya tren pertumbuhan penjualan yang baik di tengah pandemi

“Program renovasi kandang dari FFI memiliki empat tujuan, yakni memperbaiki kondisi kandang, meningkatkan kenyamanan sapi perah, meningkatkan produktivitas ternak, serta menjadikan peternak dan kandangnya sebagai contoh bagi peternak sapi perah lainnya,” ujar Akhmad dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/7).

Baca Juga: Frisian Flag tuntaskan program edukasi gizi demi dongkrak pamor susu

Ada beberapa bagian yang menjadi perhatian dalam program renovasi tersebut. Yakni struktur kandang bagian atap tidak boleh menghalangai pencahayaan sinar matahari dan punya ventilasi dan sirkulasi udara yang baik. Lantas tempat pakan ternak dibuaat lebih rendah supaya memudahkan proses makan, berbaring, berdiri ternak seperti di alam luar dan mudah untuk dibersihkan. Kemudian lantai kandang dibuat lebih pendek dengan kontur lantai agak miring sehingga air tidak tergenang dan mengalir dengan lancar.

Salah satu anggota peternak dari Koperasi KPSBU Lembang peserta Program Renovasi Kandang dari FFI, Alit Ruhiyat, mengakui program ini memberikan perubahan yang signifikan terhadap peternakan dan usaha susu sapi perah miliknya. “Beban pekerjaan berkurang menjadi lebih ringan dan merawat sapi perah juga lebih mudah dibandingkan sebelumnya,” katanya.

Dari beberapa bagian yang direnovasi, Alit mengatakan yang paling dirasa manfaatnya adalah perbaikan atap. Kini atap kandang sapi miliknya lebih tinggi menghasilkan sirkulasi udara yang lebih baik dan membuat sapi-sapi perah ternaknya lebih nyaman dan sehat.

Ketua KPSBU Lembang sekaligus Ketua GKSI (Gabungan Koperasi Seluruh Indonesia) Dedi Setiadi berpendapat bahwa program renovasi kandang memberikan manfaat dalam upaya peningkatan produksi susu sapi, dengan rata-rata peningkatan antara satu liter sampai dua liter per ekor per hari. “Dengan jumlah pakan yang sama,  peningkatan hasil produksi susu sapi yang dialami rekan-rekan peternak dengan perbaikan kandang ini terbilang sangat menggembirakan,” tuturnya.

Program Renovasi Kandang dari FFI juga bisa diikuti oleh peternak sapi perah mitra FFI lainnya dengan mendaftarkan kandangnya yang akan ditindaklanjuti tim FFI dengan proses verifikasi dan seleksi. Jika seluruh persyaratan sudah terpenuhi, tim kontraktor yang ditunjuk FFI akan memulai proses administrasi dan melakukan renovasi.

Sementara ini, sudah ada tujuh peternak dari koperasi di Lembang dan Pangalengan yang sudah direnovasi kandangnya. Kedepan FFI dan Koperasi masih membuka kesempatan bagi peternak yang ingin merenovasi kandangnya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang diterapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×