kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Kisah Robbi Ibadi membesut dan mengembangkan tas pintar (bagian 3)


Jumat, 28 Juni 2019 / 09:50 WIB

Kisah Robbi Ibadi membesut dan mengembangkan tas pintar (bagian 3)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Inovasi menjadi salah satu kunci penting dalam sebuah bisnis. Tatkala dalam menghadapi ketatnya persaingan dan menjawab titik jenuh pasar. Dan sepertinya hampir mustahil rasanya jika bisnis pada kondisi saat ini bisa berjalan dan bertahan tanpa keberadaan dari sebuah inovasi serta kreativitas.

Inilah yang berlaku bagi Bagi Robbi Ibadi, Founder King Smith, pembuat tas pintar alias multifungsi yang biasa disebut smart bag. Nah, Inovasi menjadi salah satu kekuatan produk tas pintarnya yang bisa untuk ragam kegiatan. Bisa untuk mengisi daya gadget, ada colokan USB, hingga area menyimpan sepatu, termasuk juga wadah untuk laptop.

Kebetulan, awal Robbi membuat tas tersebut ia peruntukan bagi kaum Adam yang kerap kali punya banyak aktivitas saat bepergian. Melihat hasil pasar yang positif, ia pun mulai memperluas pasar. Kali ini dengan menyasar pasar perempuan. Dan empat bulan yang lalu ia merilis merek anyar khusus kaum hawa bernama Queen Smith.

Namun, fitur-fitur yang membuat King Smith berjuluk sebagai tas pintar untuk sementara belum terdapat di Queen Smith. "Karena biasanya perempuan lebih mementingkan model dibanding fitur teknologi. Tapi ke depannya kami juga akan buat smart bag untuk perempuan," jelasnya kepada KONTAN.

Menurut mantan pegawai BUMN ini, selain inovasi, sebuah produk juga harus mampu menjawab kebutuhan masyarakat dan menjadi solusi dari permasalahan. Dalam waktu dekat, King Smith juga akan merilis fitur baru dari tas pintarnya, yakni tas dengan fitur panel surya yang berfungsi untuk mengisi ulang energi dari slot USB yang ada di tas itu.

Belum lama ini, Robbi sudah merilis tipe tas yang punya fitur energi surya tersebut. Namun bentuknya masih berupa tas selempang alias sling bag ukuran kecil yang dibanderol sebesar Rp 350.000. Selain itu, ada juga tas sejenis dengan ukuran yang lebih besar lagi tapi harganya juga lebih mahal lagi yaitu di atas Rp 600.000 per buahnya.

Ke depannya, selain terus melakukan inovasi produk, Robbi juga ingin fokus memperkuat branding. Juara II ajang The Big Start season 3 ini berharap label King Smith bisa lekat di ingatan masyarakat sebagai pelopor smart bag di Indonesia. "Inginnya adalah kalau orang ingat smart bag itu ya ingat King Smith. Makannya, untuk tahun ini saya mau fokus penguatan brand, ujarnya.

Untuk beberapa tahun ke depan, Robbi mengaku ingin fokus menggarap pasar lokal lebih dulu. Ia ingin terus mengedukasi pasar Indonesia soal smart bag. "Soal menambah kapasitas produksi bukan hal sulit. Kalau permintaan pasar naik otomatis kapasitas produksinya ikut naik," tuturnya.

(Selesai)


Reporter: Elisabeth Adventa
Editor: Markus Sumartomjon

TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0003 || diagnostic_api_kanan = 0.0004 || diagnostic_web = 0.2461

Close [X]
×