kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,51   -23,22   -2.51%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Klik, beres semua urusan pernikahan


Senin, 23 Februari 2015 / 16:08 WIB
Klik, beres semua urusan pernikahan
ILUSTRASI. Promo 9.9 Geprek Bensu Edisi 7-13 September 2023


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Havid Vebri

Kepraktisan dalam menyelesaikan berbagai urusan di zaman modern seperti sekarang sudah menjadi sebuah kebutuhan. Maklum saja, memiliki waktu luang yang kian terbatas di tengah kesibukan pekerjaan membuat orang tidak lagi punya banyak waktu mengurusi banyak hal lain di luar rutinitas sehari-hari.

Tidak terkecuali dalam menyiapkan tetek bengek dalam pernikahan. Calon pengantin modern kini lebih memilih untuk menyerahkan segala keperluan pernikahan kepada wedding organizer. Namun tetap saja, terkadang calon pengantin harus memilih vendor untuk cetak undangan, memesan baju pengantin, mencari suvenir hingga detail dekorasi dan katering yang sesuai dengan keinginan mereka.

Nah, segala kerepotan mempersiapkan pernikahan ini ditangkap oleh sejumlah anak muda yakni Monica Sanjaya, Rian, Dewi, dan Aditya Dwi Putra dengan menciptakan situs yang bisa membuat kerepotan tersebut menjadi lebih sederhana. Lewat situs Merityuk.com, calon pengantin akan lebih mudah mencari wedding organizer yang cocok dengan kebutuhan sampai dengan mencocokkan penyedia jasa pernikahan yang sesuai dengan bujet calon pengantin.

Situs resmi diluncurkan pada Februari tahun 2013 di Bandung, Jawa Barat. Situs ini berisi tiga menu utama yaitu iklan baris, smart wedding planner, dan menu platinum. Khusus untuk menu smart wedding planner ini, calon pengantin dapat dimudahkan untuk menemukan kebutuhan pernikahan sesuai dengan kebutuhan dan modal.

"Tinggal masukan besaran dana yang dialokasikan untuk resepsi, nanti sistem akan mencari pihak mana saja yang sesuai," kata Aditya, salah satu founder Merityuk.com.

Selain itu, situs ini juga menjadi wadah para penyedia jasa di industri pernikahan untuk mempromosikan jasa yang mereka tawarkan. Merityuk.com tidak hanya memberikan wadah iklan online tetapi juga iklan offline sesuai dengan paket yang dipilih oleh vendor pernikahan. Misalnya dengan boleh menyebarkan kartu nama di tiap resepsi pernikahan.

Kategori vendor yang ditawarkan mulai dari jasa dekorasi, foto, gaun pengantin, kue, hiburan, jasa photo booth sampai dengan sewa kendaraan pengantin. Situs ini sebagai jembatan yang membantu para calon pengantin menemukan vendor yang cocok. Setelah itu, proses selanjutnya akan dilakukan sendiri oleh vendor dan konsumen.

Kendati masih berusia muda, jumlah pengunjung situs ini sudah mencapai 300.000 pengunjung per hari. Sementara, pengunjung yang teregistrasi sekitar 1.400 pengunjung.
Aditya mengatakan, modal awal untuk membangun situs ini sebesar Rp 20 juta. Modal sebesar itu didapat dari hasil mengumpulkan dana dari semua founder.

Keempat anak muda ini memaksimalkan kemampuan masing-masing yang mereka punya. Misalnya, Rian yang ahli bidang teknologi bertugas mengurus program dan teknologi Merityuk.com. Sementara Dewi yang memiliki pengalaman bidang public relation (PR) bertugas untuk mengurus promosi.

Sehingga, tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuat situs pernikahan ini bisa beroperasi. "Kami hanya butuh waktu sekitar tiga bulan untuk mendapatkan 50 jasa pengantin yang bersedia bergabung," kata Aditya.

Raih suntikan modal

Hingga saat ini, jasa pengantin yang sudah terdaftar sekitar 400 vendor dan yang sekitar 200 vendor. Seluruh jasa pernikahan tersebut tersebar di empat kota besar yakni Surabaya, Jakarta, Bali, dan Bandung.

Untuk memperkenalkan situs ini, Merityuk.com banyak ikut berpartisipasi dalam berbagai komunitas di Bandung, maupun menjadi peserta dalam berbagai pameran pernikahan. Tidak jarang mereka langsung menghubungi para penyedia jasa pernikahan untuk mau berpromosi di situs ini.

Perkembangan yang cukup pesat ini membuat Merityuk.com mulai dilirik oleh para investor. Situs ini mendapatkan suntikan dana investasi sebesar Rp 250 juta di tahun 2013 lewat program Telkom Indigo Incubator. Program besutan perusahaan telekomunikasi Telkom ini didesain khusus untuk mendukung perkembangan startup Indonesia.

Adit mengatakan, dana tersebut digunakan untuk pengembangan situs Merityuk.com. Untuk mengembangkan situs pernikahan ini mereka didukung oleh Bandung Digital Valley yang merupakan inkubator startup Telkom.

Dari situ Merityuk.com masuk dalam 11 startup terbaik tahun 2013 versi Telkom Indigo Incubator dan masuk dalam lima besar interesting startup at tech in Asia di Bandung.
Merityuk.com mengenakan biaya pasang iklan kepada para vendor yang bergabung.

Mereka mempunyai tiga pilihan paket iklan, yakni paket silver dengan tarif Rp 150.000, kedua bertarif Rp 300.000–Rp 500.000 dan paket platinum dengan konsep harga fleksibel sesuai permintaan konsumen.

Adit mengatakan, rata-rata vendor melakukan deposit sebesar Rp 500.000. Deposit mereka akan berkurang bila mendapatkan klik dari pengunjung situs. "Modal sebesar itu biasanya hanya satu minggu paling lama dua minggu," jelasnya.

Konsep biaya iklan ini baru diberlakukan sejak awal 2015, agar bisa mendapatkan pendapatan yang tetap tiap bulan. Sebelumnya, mereka hanya mendapatkan komisi 15% dari setiap transaksi vendor dengan calon pengantin. Saat ini omzet Merityuk.com bisa mencapai Rp 40 juta per bulan dengan keuntungan bersih sekitar 10%−20% dari omzet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×