kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Kreasi pot cantik hasilkan cuan ciamik


Senin, 20 November 2017 / 12:05 WIB
Kreasi pot cantik hasilkan cuan ciamik

Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Kini, pot bunga tak hanya berfungsi untuk menanam tanaman saja, tapi juga bisa mempercantik penampilan hunian, indoor maupun outdoor. Tak heran jika saat ini kreasi pot makin banyak macamnya. Maklum saja, makin banyak yang memburu pot dengan aneka motif dan bahan.

Andi Oak, pemilik Topi Kaktus asal Banjarnegara, Jawa Tengah mengaku kebanjiran pesanan pot dalam dua bulan terakhir ini. Padahal, ia baru mendirikan Topi Kaktus sejak enam bulan lalu. Peminatnya terus bertambah seiring berjalannya waktu. Pelanggan Andi berasal dari Jakarta, Bali, Bandung bahkan sampai mancanegara seperti Amerika, China dan Singapura.

Bahkan, ia sampai menutup pesanan lantaran kewalahan menggarap order yang datang. "Ada pesanan 100.000 pot dari China yang belum digarap juga," tutur Andi. Meski sudah dibantu 8-10 karyawan, Andi masih kewalahan dan berniat menambah tukang lagi.

Topi Kaktus menjual pot berbahan dasar batu pualam dengan aneka bentuk dan ukuran. Bentuknya antara lain kotak, lonjong, bulat, pentagon dan sebagainya. Sedangkan ukuran pot mulai dari yang terkecil 9 cm x cm x 9 cm sampai yang terbesar 20 cm x 20 cmx10 cm.

Aneka jenis pot tersebut dibanderol mulai Rp 10.000-Rp 35.000 per buah. Harga ini berlaku  untuk pembelian minimal 20 unit pot.

Sementara, harga satuan lebih mahal. Yakni, mulai Rp 15.000-Rp 50.000 per satu pot untuk yang polos. "Kami juga ada pot karakter yang sudah digambar dan diwarnai, harganya mulai Rp 50.000-Rp 75.000 per buah," terang Andi.

Dalam sebulan, ia bisa menjual minimal 15.000 buah pot. Praktis, ia bisa mengantongi omzet hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah dalam sebulan.

Banyaknya pesanan juga diakui oleh Aditya, pemilik Bamboo Kaktus. Setiap hari Adit bisa menerima pesanan minimal 100 buah pot sepaket dengan kaktus. "Ini masih kewalahan karena proses membuat pot dari kayu dan bambu itu lumayan lama, butuh waktu," ungkapnya.

Bamboo Kaktus menjual pot berbahan dasar kayu dan bambu untuk mempercantik tanaman kaktus. Harganya mulai Rp 20.000 - Rp 100.000 per paket, biasanya dijual sepaket dengan kaktusnya. "Harga bergantung juga sama jenis kaktusnya, makin langka jenisnya, makin mahal," tutur Adit.

Ia sudah menggeluti bisnis pot ini sejak setahun lalu. Menurut Adit bisnis pot dan tanaman saat ini sangat menjanjikan pasarnya, mengingat makin banyak kaum perempuan yang gemar mendekor rumah. Selain itu, kini kaktus juga kerap dijadikan alternatif suvenir di acara pernikahan maupun wisuda.

"Kebanyakan pesan untuk suvenir sih, walaupun ada juga yang pesan untuk keperluan pribadi. Tapi ya itu, kalau di saya minimal pemesanan harus 5 pot. Itu sudah sepaket dengan kaktusnya," ujar Adit.          




TERBARU

×