kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kucek bersih laba laundry koin


Rabu, 31 Januari 2018 / 10:45 WIB
Kucek bersih laba laundry koin


Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Mencuci pakaian bukan pekerjaan mudah bagi sebagian penduduk perkotaan. Kesibukan bekerja membuat kegiatan ini sering terlewatkan. Karena itu, bisnis binatu atau laundry masih punya peluang luas, terutama di wilayah perkotaan.

Coin Laundry merupakan salah satu pemain bisnis laundry di Jakarta. Berdiri sejak 2009 kini sudah lebih dari 700 gerai Coin Laundry yang berdiri dan tersebar di seluruh Indonesia.  

Rico Sentiono, Marketing Coin Laundry menjelaskan, mulanya Coin Laundry ini hanya menawarkan mesin. Lantaran banyak permintaan, akhirnya mereka mengemas kemitraan. Coin Laundry juga membawahi tiga merek laundry, yakni Max Press, Urban Coin Laundry dan Aqua Nano. "Kami mengoperasikan mesin cuci yang menggunakan koin," terang Rico.

Ada empat paket kemitraan yang ditawarkan. Mulai dari paket senilai Rp 285 juta, paket Rp 349 juta, Rp 415 juta dan paket Rp 610 juta. Masa kerjasama berlaku selama lima tahun. Mitra juga akan mendapat paket mesin washer dan dryer, meja setrika, timbangan, meja vakum, setrika uap, banner, neon box, instalasi peralatan usaha, parfum, meja kasir, kemasan dan pelatihan.

"Perbedaan keempat paket itu ada pada jumlah mesin,  jumlah peralatan usaha dan ukuran neon box. Paket Rp 285 juta mitra mendapat tiga mesin, paket Rp 349 juta dapat 4 mesin, paket Rp 415 juta dapat 5 mesin dan paket Rp 610 juta dapat 8 mesin," jelas Rico.

Tarif jasa laundry Rp 10.000 hingga Rp 50.000 per 5 kg, tergantung paket yang diambil. "Dalam sebulan, untuk gerai dengan empat  mesin cuci, rata-rata bisa menghasilkan omzet Rp 30 juta - Rp 50 juta," papar Rico. Dengan perkiraan omzet tersebut, mitra diperkirakan bisa mencapai balik modal kurang dari dua tahun.

Pusat tak menarik biaya royalti. Mitra juga tidak wajib membeli parfum dan sabun cuci ke pusat. Jika ingin memperpanjang kerjasama, mitra cukup membayar Rp 50 juta untuk masa lima tahun.  Luas minimal ruang usaha 20 m2-30 m2.  

Ketua Umum Perhimpunan Waralaba & Lisensi Indonesia (WALI), Levita Supit berpendapat pasar jasa binatu masih terbuka lebar, terutama bagi penduduk kota besar. Adanya inovasi koin laundry dinilai cukup inovatif, mengingat efisiensi waktu juga penting bagi penduduk kota besar.  

Namun, seiring banyaknya pemain, pelaku juga harus pintar-pintar mencari celah untuk berpromosi sekaligus menawarkan jasa laundry spesial. "Setiap pelaku usaha harus mengetahui kelebihan apa yang dimiliki dari jasa laundry yang ditawarkan ke konsumen. Adanya jasa lebih bisa membuat ciri khas tertentu pada bisnis laundry koin ini," ungkap Levita. Ia pun tak lupa mengingatkan para calon mitra untuk selalu waspada dan membaca dengan teliti perjanjian kemitraan.

Coin Laundry  
Jl Raya Kapuk Cengkareng, Diamond Boulevard J1, City Park, Cengkareng, Jakbar
HP. 081333375393

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×