kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45881,69   -4,49   -0.51%
  • EMAS1.329.000 -0,67%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kumpul.id dan Kemenparekraf Dorong Akselerasi Startup Tembus Pasar Internasional


Sabtu, 23 Desember 2023 / 14:34 WIB
Kumpul.id dan Kemenparekraf Dorong Akselerasi Startup Tembus Pasar Internasional
ILUSTRASI. Kumpul.id menjadi strategic partner pada program Baparekraf Scale-Up Champions (BSC) yang berjalan dari bulan Juni hingga bulan September 2023.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kumpul.id kembali menjadi strategic partner pada program Baparekraf Scale-Up Champions (BSC) yang berjalan selama periode Juni- September 2023. Program ini fokus untuk memberdayakan produk dan layanan inovatif oleh startup digital dengan mengakselerasi inovasi dalam 17 subsektor ekonomi kreatif.

Baparekraf Scale-Up Champions diharapkan membantu mengakselerasi para startup-startup digital dalam melakukam inovasi sehingga mereka bisa menembus pasar internasional. 

Sebelumnya, Kumpul.id juga sudah menjadi strategic partner dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada program Baparekraf for Startup (BEKUP).

“Hadirnya Baparekraf Scale-Up Champions 2023 ini, saya harapkan akan menghasilkan unicorn dan decacorn baru di Indonesia,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dalam keterangannya, Jumat (22/12).

Ada 120 lebih startup telah mendaftar dalam program BSC. Namun, hanya lima startup yang berhasil mendapatkan exposure global dan kesempatan mengikuti sesi Country Visit ke Malaysia pada 18-21 September bersama perwakilan dari Kemenparekraf dan Kumpul.id. Mereka diantaranya KlinikGo, Mapid, Devcode, Betukang.id, dan Petskita.

Baca Juga: Mandiri Capital Proyeksi Bisnis Startup Merekah di 2024, Ini Faktor Pendorongnya

Sesi Country Visit tersebut diharapkan mampu mempersiapkan startup terpilih dalam strategi ekspansi ke pasar internasional. Country visit ini bertujuan untuk membantu para startup untuk mengetahui perkembangan industri dan terkoneksi dengan para pelaku industri serta best practice dari perkembangan aplikasi startup digital di Malaysia. 

Kumpul.id berhasil menghubungkan startup program BSC dengan pemangku ekosistem startup di Malaysia dan mendapatkan akses pasar tersebut. Salah satunya ditandai dengan resminya kerjasama kolaboratif antara KlinikGo dengan startup kesehatan digital asal Malaysia yaitu Angsana Health pada 30 November 2023 melalui program Fundamentals of Telehealth yang direncanakan berjalan pada 15 Januari 2024.

Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian para Healthcare Professional dalam pengaturan perawatan kesehatan secara virtual di kedua negara

Ogy Winenriandhika, Co-Founder dari KlinikGo mengatakan, Kumpul.id dan Kemenparekraf telah memfasilitasi bisnis Kliniko dengan banyak wawasan selama Country Visit ke Malaysia.“Target kami berikutnya untuk gerakan kesehatan yang lebih baik didukung dengan sangat baik oleh program ini," kata dia.

Baca Juga: Start Up Sektor Ini Diproyeksi Bakal Tumbuh Pesat

KlinikGo merupakan startup yang menyediakan layanan Offline to Online di bidang kesehatan yang mudah dijangkau, sebagai solusi untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pemeriksaan kesehatan di berbagai mitra fasilitas kesehatannya. 

Program BSC terbukti menjadi kunci sukses bagi startup terpilih dalam persiapan ekspansi bisnis mereka ke pasar internasional. Lima startup unggulan yang terpilih memanfaatkan peluang berharga selama Country Visit di Malaysia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×