kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Laba menggelinding dari Velyn's Takoyaki


Selasa, 04 Juli 2017 / 16:51 WIB
Laba menggelinding dari Velyn's Takoyaki


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Havid Vebri

JAKARTA. Takoyaki merupakan salah satu makanan khas Jepang yang cukup populer di Indonesia. Bentuknya bola-bola kecil yang terbuat dari makanan laut seperti gurita, kepiting, udang, atau bisa juga terbuat dari daging ayam dan sapi.

Meski sudah beberapa tahun eksis di tanah air, popularitas takoyaki belum pudar. Buktinya, peminatnya pun selalu ramai. Tidak heran pemain baru pun banyak berdatangan.

Salah satu pemain yang ikut merasakan peruntungan di bisnis ini adalah Dian Kartika di Surabaya, Jawa Timur. Mendirikan gerai dengan merek Velyn's Takoyaki pada satu tahun lalu, Dian resmi menawarkan kemitraan gerainya pada tahun ini.

Hingga kini, ada tiga mitra di Surabaya dan satu gerai pusat. Ada dua jenis paket kemitraan Velyn's Takoyaki.

Pertama, paket senilai Rp 8 juta. Pada paket ini, mitra akan mendapat bahan baku, booth, peralatan usaha, banner dan pelatihan karyawan. Kedua, paket senilai Rp 12 juta. Mitra akan mendapat bahan baku, booth, peralatan usaha, banner dan pelatihan karyawan. Perbedaannya terletak pada jumlah bahan baku dan desain booth.

Kerjasama kemitraan sistemnya jual putus. Mitra pun tidak dikenakan biaya royalti dan wajib memasok bahan baku ke pusat.

Dian mengatakan kelebihan Velyn's Takoyaki terletak pada bahan baku bebas bahan pengawet dan sesuai dengan bumbu. "Lebih enak dan perpaduan bumbunya berbeda dengan lainnya," ujarnya.

Velyn's Takoyaki menyediakan enam varian rasa yaitu gurita, cumi, kepiting, ayam, sosis dan keju. Harga yang dibanderol mulai berkisar Rp 10.000 sampai Rp 15.000 per porsi.

Mitra ditargetkan menjual minimal 40 porsi takoyaki per hari. Dengan begitu, omzet yang diperoleh mitra capai Rp 10 juta sampai Rp 12 juta per bulan. Setelah dikurangi biaya bahan baku, sewa tempat, gaji pegawai dan biaya operasional lainnya, mitra dapat laba bersih sekitar 50% dari omzet per bulan. Balik modal mitra sekitar lima sampai tujuh bulan.

Agar target tercapai, Dian menyarankan mitra memilih lokasi di sekitar kampus, pusat perbelanjaan ataupun pinggir jalan. Mitra sebaiknya merekrut satu karyawan untuk membantu. Tahun ini, Dian berharap bisa merangkul banyak mitra baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×