kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Laundry kiloan ini kedatangan order 0,5 ton sehari, pasca banjir


Selasa, 07 Januari 2020 / 09:30 WIB
Laundry kiloan ini kedatangan order 0,5 ton sehari, pasca banjir

Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banjir di awal tahun 2020 membawa berkah bagi para pengusaha laundry. Para pemilik mengatakan permintaan laundry overload sejak tanggal 2 Januari 2020.

Bencana banjir yang melanda Jabodetabek pada awal tahun 2020 tidak melulu mengisahkan cerita pilu masyarakat. Banjir rupanya membawa berkah bagi pemilik usaha laundry.

Baca Juga: Pasca banjir, seluruh halte Transjakarta beroperasi normal mulai hari ini

Apik Primadya, Pemilik Apique Laundry mengatakan permintaan cuci lipat setrika naik lebih dari 100%. Kenaikan tersebut dia rasakan pasca banjir (1/1).

"Jumlah laundry saat ini sudah overload melebihi kemampuan mesin yang hanya 200 Kg per hari," kata Apik pada KONTAN, Senin (6/1).

Tidak hanya Apik, Amiruddin, Pemilik Eposs Laundry juga merasakan hal yang sama. Dia menceritakan sejak Kamis (2/1) terjadi lonjakan permintaan laundry.

Dari rata-rata jumlah permintaan laundry 200 Kg per hari, kini naik sampai 500 Kg per hari.

Baca Juga: Hujan dan banjir, begini permintaan jasa bengkel dan reparasi

Dia mengatakan rata-rata satu orang konsumen membawa cucian kotor sekitar 15 Kg-50 Kg. Umumnya, cucian kotor tersebut basah terendam banjir.

Sebagian baju pelanggannya tidak hanya basah tapi juga terkena lumpur banjir.

Sedangkan untuk konsumen Apik, baju yang masuk ke laundrynya hanya basah karena banjir. "Untuk laundry kiloan kami tidak terima baju yang ada masih ada lumpurnya," jelas Apik.

Bila konsumen tidak menghilangkan lumpur maka pakaiannya akan dimasukkan dalam layanan cuci satuan. Untuk menghindari miss communication, Apik selalu mengedukasi konsumennya sebelum menggunakan jasa laundrynya.

Tarif laundry tidak berubah

Meski permintaan sedang tinggi para pemilik usaha laundry tidak menaikkan tarif laundry.




TERBARU

Close [X]
×