kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Likuid Projects menawarkan pembiayaan proyek pembuat gim, Touchten


Sabtu, 16 Mei 2020 / 14:24 WIB
Likuid Projects menawarkan pembiayaan proyek pembuat gim, Touchten


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan teknologi finansial penyelenggara pembiayaan proyek (project financing) industri kreatif dan gaya hidup PT Likuid Jaya Inovasi (Likuid Projects) menjalin kerjasama dengan Touchten Games, developer gim dalam negeri. 

Touchten tengah mempersiapkan permainan terbaru bernama Capsa Susun yang merupakan permainan kartu klasik. Gim ini akan secara serentak dirilis di Indonesia dan Vietnam pada 31 Mei 2020 di aplikasi social gaming, HAGO.

CEO dan Founder PT Likuid Projects Kenneth Tali dalam rilis mengatakan, project financing kepada Touchten Games dibuka kepada publik untuk pertama kali di Indonesia. Menurut dia, pengembang game saat ini masih mengandalkan modal dari bootstrapping atau institusi saja. Melalui Likuid Projects, masyarakat dapat ikut menikmati pengalaman untuk turut berkolaborasi pada project financing di proyek game tanah air, khususnya pecinta gim di Indonesia.

Baca Juga: Iseng-Iseng yang mengalirkan miliaran rupiah

Kenneth bilang, pasar game klasik memiliki daya tarik bagi calon kolaborator (partisipan pembiayaan proyek). Saat ini, game klasik punya magnet tersendiri di tengah maraknya game bergenre battle royale atau game kompleks lainnya yang beredar. "Di Indonesia, masyarakat sudah familiar dengan permainan ludo yang dulu biasa dimainkan dengan board, dan sekarang sudah bertransformasi dalam format mobile game," ujar dia dalam rilis pada Jumat (15/5). 

Di Indonesia, populasi gamers sebanyak 100 juta dengan game tradisional bisa berkembang sejalan dengan teknologi menjadi pasar yang sangat menarik. Bagi Likuid Projects, Touchten adalah partner pertama dan menjadi salah satu developer game di Indonesia yang mampu menembus pasar global. Game-game dari Touchten Games sudah eksis di Eropa, Amerika Serikat, dan Vietnam. 

Nantinya, game Capsa Susun dari Touchten Games akan hadir di aplikasi social gaming HAGO yang menjadi aggregator bagi game online dengan karakteristik ringan dan sederhana. HAGO tercatat telah memiliki 100 juta user secara global dan 5 juta user di Indonesia.

CEO Touchten Rokimas Soeharyo mengatakan, permainan kartu Capsa Susun ini sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia dan juga masyarakat Vietnam, Malaysia, serta  Singapura. Momentum peluncuran game Capsa Susun oleh Likuid Projects sangat tepat. Di masa pandemi virus corona, mengharuskan masyarakat lebih banyak berada di rumah demi menekan laju penyebaran virus COVID-19. 

Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) mencatat adanya peningkatan 15%-20% traffic internet di masa pandemi corona. Selain itu,  Asosiasi Gim Indonesia (AGI) mencatat lalu lintas industri gim di Indonesia mengalami pertumbuhan 10%-20% dalam dua bulan terakhir.

Baca Juga: TouchTen berencana bikin 32 game tahun ini

Likuid Projects berencana membuka pembiayaan untuk kolaborator senilai total Rp 780 juta. Kampanye pembiayaan akan dibuka dalam waktu 60 hari atau dua bulan di platform Likuid Projects. Apabila dana yang ditargetkan tidak terkumpul, Likuid Projects akan mengembalikan 100% dana yang sudah masuk kepada kolaborator.  

Adapun sumber revenue  bagi kolaborator adalah 30% pendapatan Touchten dari in-app purchase dan pemasangan iklan. Porsi ini kemudian setara dengan 15% imbal hasil pembiayaan per-tahun. Kolaborator berhak meraih pendapatan selama hingga satu tahun ke depan setelah kampanye pembiayaan ditutup, dengan periode pembagian revenue setiap tiga bulan sekali.

Baca Juga: Likuid Projects dukung bisnis merek lokal selama pandemi corona

Untuk menarik minat para kolaborator, Likuid Projects memberikan voucher daily visit Apiary Coworking Space senilai Rp 1,5 juta untuk dua kolaborator yang beruntung, serta ratusan voucher belanja dari berbagai merk lokal sebagai keuntungan tambahan bagi kolaborator yang didapatkan secara otomatis sesuai syarat dan ketentuan program. 

Selain menjadi daya tarik bagi kolaborator, aksi ini merupakan dukungan Likuid Projects bagi para bisnis lokal yang terdampak pandemi. Aksi ini digagas Likuid Projects dalam kampanye #SupportLocalBrandsID yang sudah berjalan sejak bulan April lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×