kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Local Rental mencari peluang di bisnis sewa kendaraan


Sabtu, 22 Juni 2019 / 13:00 WIB
Local Rental mencari peluang di bisnis sewa kendaraan

Reporter: Ratih Waseso | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu penunjang bisnis pariwisata selain tempat penginapan, kuliner serta destinasi wisata adalah jasa sewa kendaraan. Layanan transportasi tersebut biasanya terdapat di daerah wisata. Salah satunya berada di Yogyakarta.

Arief Firmansyah melihat potensi sewa kendaraan yang terus berkembang di Kota Gudeg. Karena itu Arief mulai mengoperasikan aplikasi khusus untuk mencari rental kendaraan, dengan nama Local Rental.

Aplikasi Local Rental baru dirilis akhir Desember 2018. "Dalam kurun waktu tiga minggu, aplikasi ini sudah diunduh sekitar 2.000 pengguna," kata Arief yang juga Chief Executive Officer (CEO) Local Rental kepada KONTAN, Rabu (19/6).

Namun untuk pengembangan fitur dan layanan ini, Arief untuk sementara menarik kembali aplikasi Local Rental dari playstore. Ia menargetkan, pengembangan fitur dan layanan di aplikasi ini bisa direalisasikan pada tahun ini juga. Adapun saat ini pengoperasian aplikasi Local Rental masih berbasis beta.

Makanya, Arief sementara masih membatasi mitra bisnis yang ingin bergabung. Saat ini ia sudah menggandeng lima mitra usaha sewa motor dengan kapasitas total sebanyak 50 motor. Namun, ia tidak menjelaskan apakah sudah menggandeng mitra usaha jasa sewa mobil.

Yang jelas, saat aplikasi ini sudah bisa beroperasi secara penuh pada tahun ini juga, semua layanan sewa kendaraan sudah bisa terlayani, baik itu untuk sewa motor, atau mobil.

Supaya masing-masing mitra bisnis tidak saling bersaing, ia akan menerapkan tarif batas atas dan bawah. Selain itu aplikasi ini juga bakal memberi penilaian atau rating berdasarkan pada hasil yang sudah dirasakan konsumen. Harapannya, dengan adanya peringkat usaha tersebut bisa membuat para pebisnis memacu kinerja dan layanan.

Meski masih memakai teknologi beta, dengan memanfaatkan jaringan media sosial, Local Rental saat ini sudah bisa menghasilkan 150 order per bulannya, dengan tarif Rp 70.000 untuk sewa motor dan Rp 550.000 per hari untuk mobil. Dari tarif itu Local Rental menerima fee 10% .

Nah, saat aplikasi Local Rental kembali bergulir, ia targetkan hingga akhir tahun ini bisa menjaring 30 mitra usaha sewa motor dan 20 mitra usaha sewa mobil. Makanya, saat ini pihaknya tengah mencari mitra strategis yang bisa diajak kerjasama untuk pengembangan Local Rental.

Karena itulah ada rencana tahun depan Local Rental bakal ekspansi ke Malang, Surabaya, Bandung, Lombok, Bali, Banyuwangi. "Masih kami dalami yang pasti daerah wisata," katanya.

Dana ekspansi start up masih berasal dari hasil lomba dari Google Showcase dan Ale Hackathon.




TERBARU

Close [X]
×