kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,89   4,58   0.50%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Melipat laba dari bisnis laundry


Kamis, 06 Maret 2014 / 16:07 WIB
Melipat laba dari bisnis laundry


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Rizki Caturini

Bisnis laundry masih menjanjikan. Perubahan gaya hidup dan tuntutan kesibukan yang makin tinggi, seringkali membuat aktivitas mencuci pakaian menjadi terbengkalai. Sementara mempekerjakan tukang cuci, juga bukan hal yang mudah. Soalnya tukang cuci juga semakin sulit didapat. Itu sebabnya, bisnis ini makin tumbuh subur. Andi salah satunya yang mendirikan usaha laundry bernama Bio Clean Laundry (BCL) di Bandung, Jawa Barat.

Andi merintis BCL sejak Juli 2011 dan telah memiliki dua cabang. Setelah usahanya berjalan cukup lancar, Andi mulai menawarkan kemitraan pada Agustus 2013. Kini, ia telah memiliki tujuh mitra. Adapun total gerai yang ia miliki sekarang ada 10 yang tersebar di Jawa Barat. Rinciannya, tiga diantaranya dikelola pusat dan sisanya milik mitra.

Jika tertarik bergabung, BCL menyediakan dua paket investasi yaitu paket silver sebesar Rp 66 juta dan paket gold senilai Rp 109 juta. Dengan paket tersebut, mitra akan memperoleh peralatan lengkap mulai dari mesin cuci, pengering, setrika uap, timbangan, pewangi, deterjen, seragam karyawan hingga peralatan administrasi. Paket-paket itu juga sudah termasuk biaya franchise di tahun pertama Rp 3,6 juta. Namun, untuk lokasi, mitra harus menyediakan sendiri. Minimal 4x6 meter di tempat strategis.

Perbedaan kedua paket tersebut hanya jumlah peralatan. Paket gold mendapat peralatan lebih banyak sehingga bisa mencuci 100 kg per hari. Sedangkan paket silver untuk mencuci 50 kg per hari.

Balik modal setahun

BCL tidak hanya melayani jasa cuci kiloan, tetapi juga menyediakan jasa cuci satuan untuk produk tertentu seperti helm, bed cover, boneka, karpet dan lain-lain.

Harga jasa cuci tergantung jenis layanannya. Laundry kiloan Rp 6.000 per kg berlaku untuk laundry layanan tiga hari. Jika pelanggan ingin cuciannya selesai satu hari, tarifnya Rp 8.000 per kg dan untuk layanan Express, yaitu waktu cuci 8 jam, tarifnya Rp. 9.000 per kg dan layanan kilat khusus 4 jam Rp 10.000.

Andi menargetkan mitra bisa mengantongi omzet Rp 14 juta per bulan. Dengan  laba bersih Rp 6 juta, mitra diperkirakan bisa balik modal dalam waktu sekitar  satu tahun.

Sepanjang tahun ini, Andi menargetkan bisa menggandeng 20 mitra baru dan akan difokuskan di daerah Jawa Barat. Untuk menarik minat pelanggan, BCL juga memberikan layanan antar gratis untuk minimal pencucian 3 kg dalam radius 2 kilometer (km) dari gerai.

Pengamat Waralaba, Amir Karamoy menilai, peluang usaha laundry masih cukup menjanjikan. Pasalnya, orang sekarang ini punya pakaian yang bisa di cuci sendiri dan pakaian yang tidak bisa dicuci sendiri. Kendati peluangnya cukup besar, Amir bilang pelaku usaha laundry perlu mencari keunggulan untuk menghadapi persaingan mengingat pemain bisnis ini cukup banyak. Ia menilai langkah yang dilakukan BCl memberikan layanan antar gratis tersebut merupakan langkah untuk memberi keunggulan dibanding yang lain.    n

Bio Clean Laundry          
Jl. Logam No. 32, Kujangsari, Buah Batu – Bandung     Telp. 081910459605 / 087877898531

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×