kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Memoles kinclong cuan salon alas kaki


Minggu, 08 Juli 2018 / 11:05 WIB
Memoles kinclong cuan salon alas kaki


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Banyak orang kini mengoleksi sepatu. Oleh karena itu, perawatan sewatu menjadi bagian yang dianggap penting. Bahkan, pemiliknya rela merogoh kantong dalam demi kebersihan sepatunya.  

Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh Asri Linda dengan mendirikan Mapple Clean Your Shoes di Yogyakarta pada 2016 lalu. "Jasa cuci dan perawatan sepatu ini terus meningkat kebutuhannya," terang dia.  

Ingin mengembangkan bisnisnya, Linda pun menawarkan kemitraan salon sepatunya pada Mei 2018 lalu. Meski baru dua bulan, ia sudah mengantongi calon mitra potensial.  

Mapple Clean Your Shoes menyediakan empat layanan jasa perawatan sepatu. Yakni,  deep clean (cuci luar dalam), classic clean (cuci dalam), dan treatment khusus sepatu putih. Ongkos cuci sepatu ini mulai Rp 30.000 sampai Rp 150.000 per pasang. 

Linda mengklaim, kelebihan jasanya adalah mempunyai treatment khusus untuk sepatu putih yang belum banyak disediakan oleh tempat perawatan dan cuci sepatu lainnya. 

Tertarik dengan usaha ini? Mapple Clean Your Shoes menawarkan tiga paket kemitraan. Pertama, paket Rp 15 juta dengan fasilitas penggunaan merek usaha, perlengkapan cuci sepatu tanpa fasilitas treatment cat ulang sepatu, branding, pelatihan, dan sistem. 

Kedua, paket Rp 30 juta yang didapatkan mitra adalah perlengkapan usaha (tidak seluruh peralatan), bahan baku kimia, branding, penggunaan merek usaha, pelatihan, dan sistem. 

Ketiga, paket Rp 50 juta fasilitas yag didapatkan mitra adalah seluruh kebutuhan membuka jasa cuci dan perawatan sepatu, branding, pelatihan, dan sistem. 

Mitra wajib menyediakan tempat dengan ukuran minimal 8x5 m2, lengkap dengan tiga sampai empat orang karyawan. Mitra pun wajib mengambil bahan baku dan pelatihan dari pusat. "Kami menerapkan sistem bagi hasil 80% untuk mitra dan 20% untuk manajemen dari omzet saban bulannya," tambahnya. 

Berdasarkan perhitungan Linda, dalam waktu enam bulan mitra sudah bisa balik modal. Asal, bisa mencatak omzet Rp 18 juta-Rp 20 juta per bulan. Perkiraan labanya 35%-40%.  

Konsultan Usaha Djoko Kurniawan menilai, potensi usaha salon sepatu masih bagus dan menjanjikan. Sebab, makin banyak orang yang peduli merawat sepatu mereka. 

Cara terbaik menjaring mitra baru adalah dengan memberikan gambaran bisnis secara jelas dan target market yang disasar. Analisa bisnis yang jelas juga akan menarik bagi mitra. Ceritakan tentang dukungan yang diberikan, supaya mitra merasa didukung dengan baik.

Pebisnis harus melakukan edukasi tentang pentingnya merawat sepatu secara baik dan benar.  Program marketing juga harus dilakukan secara rutin untuk  menarik customer baru.  Program ajak-ajak teman juga bisa dijalankan karena bisnis jasa rekomendasi menjadi hal yang penting untuk membuat orang lain percaya                 

Mapple Clean Your Shoes
Jl Selokan Mataram 451 Condongcatur, Yogyakarta
HP. 089671606067

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×