kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menakar potensi kedai seafood zaman now


Minggu, 08 April 2018 / 11:30 WIB
Menakar potensi kedai seafood zaman now


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Menyantap makanan dengan sahabat dan keluarga pasti menyenangkan. Apalagi, jika olahan aneka seafood yang menjadi santapan tersaji dalam porsi yang besar.  

Konsep ini mulai banyak diadopsi oleh usaha kuliner. Salah satunya, Omah WK racikan Sony Rizal Prihandianto asal Cilacap, Jawa Tengah. Dia mengklaim, konsep makan rame-rame ini menjadi hal baru dan sesuai tren zaman now yang bisa menarik konsumen.

Usaha resto yang menyajikan menu utama aneka seafood ini mulai dibuka Desember 2016. Awal tahun ini, Sony mulai menawarkan kemitraan. Kini, sudah ada satu mitra yang bergabung.

Omah WK menawarkan kemitraan dengan paket senilai Rp 500 juta. Mitra mendapatkan fasilitas penggunaan merek usaha, pelatihan, perlengkapan masak lengkap, bahan baku awal sekitar 30 kg (per jenis seafood), sekaligus biaya sewa lokasi selama dua hingga tiga tahun.

Lamanya sewa lokasi ini disesuaikan dengan harga sewa per tahun. Selain itu, mitra juga harus menyiapkan 30 karyawan. Mitra juga wajib mengambil bahan baku dari pusat.  

Ada 50 menu olahan seafood ala Omah WK. Sebut saja, cumi hotplate, kepiting hotplate, chicken katsu dan paket mix seafood. Harganya mulai Rp 10.000 sampai Rp 725.000 per porsi.   

Dia mengklaim kelebihan produknya ada pada bumbu masak yang berasal dari racikan khusus dan bahan baku yang segar.

Berdasarkan hitungan Sony, waktu balik modal mitra sekitar tujuh bulan hingga satu tahun. Dengan catatan, dalam sebulan dapat mencapai target penjualan sekitar Rp 300 juta. Setelah dikurangi biaya bahan baku dan operasional, porsi laba bersih yang didapat dikantongi mitra sekitar 30% dari omzet saban bulannya.

Untuk mendorong penjualan gerai mitra dan pribadi, manajemen memberikan dukungan promosi melalui media digital serta strategi marketing yang disesuaikan dengan lokasi gerai.

Menurut Konsultan Usaha Djoko Kurniawan, kuliner seafood mempunyai jumlah market yang besar. Otomatis, usaha ini masih cukup menjanjikan untuk tahun-tahun mendatang.

Mewajibkan mitra untuk mengambil bahan baku dari pusat memang menjadi kunci untuk mengontrol kualitas dan rasa. Tapi, perlu diingat dengan biaya pengiriman bahan baku kepada mitra. Ia pun menyarankan, untuk mitra yang lokasinya di luar kota sebaiknya mengambil seafood dari pasar setempat dengan ketentuan atau standar manajemen.

Untuk mengundang konsumen untuk datang dan mencoba, pemilik usaha dapat memasang aneka promo menarik. Misalnya, promo berdasarkan hari dengan jenis potongan harga seafood yang berbeda.        

Omah WK
Jl Sutomo (depan Alfamart)
Cilacap, Jawa Tengah
HP. 085642532887

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×