kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menangguk laba dimsum beku


Jumat, 10 Mei 2019 / 11:00 WIB
Menangguk laba dimsum beku


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis makanan beku siap saji semakin menjanjikan. Misalnya, usaha dimsum. Salah satu pemainnya, Widya Iswara, pemilik Dapur Mbak Widya.

Memulai usaha 2017, dimsum racikannya sudah tersebar luas. Contoh, Jakarta, Bekasi, Bogor, Tangerang, Bandung, dan Surabaya. "Awal kami berjualan hanya laku 10 kotak (boks) per minggu. Kini, sudah sampai 400 kotak sampai 500 kotak per minggu," kata Widya kepada KONTAN.

Yang membuat dimsum bikinan Widya laris manis adalah, ia memproduksi sendiri (home made). Sudah begitu, terdapat ragam rasa. Ada dimsum ceker, dimsum lumpia, dimsum hakau, hingga dimsum nori. Begitu juga sausnya, banyak varian, mulai sambal merah sampai blackpaper.

Widya membanderol dimsum dengan harga Rp 75.000–Rp 85.000 per kotak. Satu kotak berisi 20–50 dimsum beku yang bisa tahan hingga 14 hari ke depan.

Untuk memperluas ekspansi bisnis, Widya membuka kemitraan reseller Dapur Mbak Widya. Caranya gampang, cukup mengambil dimsum beku dari Dapur Mbak Widya kemudian menjualnya kembali. Sayang, ia tidak memerinci jumlah minimal yang harus reseller beli. Yang jelas, hingga kini ia sudah menggandeng 10 reseller yang ada di Tangerang, Bekasi, serta Bandung.

Dengan sistem pemasaran tersebut, Widya menargetkan, pertumbuhan bisnis Dapur Mbak Widya bisa melonjak hingga 50% sampai akhir tahun nanti. Untuk itu, dia pun berencana memperbanyak varian rasa dimsum buatannya. "Kami akan terus memperbaiki kualitas dimsum dan layanan serta membuat dimsum rasa baru," tuturnya.

Memang, masih ada kendala dari sisi pengiriman. Saat ini, Widya mengandalkan pengiriman melalui ojek online. Kerap terjadi barang yang ia kirimkan tidak sampai ke konsumen. Supaya tidak terulang, ia bakal memotret identitas driver ojek online sebelum mengantar ke konsumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×