kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menangkap peluang ayam pedas rasa keju


Minggu, 16 September 2018 / 05:00 WIB
Menangkap peluang ayam pedas rasa keju


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Usaha kuliner ayam seolah tahan disegala zaman. Dengan sedikit saja  sentuhan inovasi menu, mampu mengundang rasa penasaran konsumen.  Seperti inovasi menu ayam berbumbu pedas dengan saus keju.  

Tidak ingin menyia-nyiakan peluang, Bhakti Desta Alamsyah menjajal peruntungannya lewat Chicheese Fiesta. Usaha olahan ayam ini resmi dibuka 2017 di Bandung. Berpengalaman dibidang kemitraan membuatnya langsung membuka peluang kerjasama.

Sampai sekarang sudah ada lima gerai milik mitra yang beroperasi yang tersebaru di beberapa kota seperti Denpasar, Jombang, dan Banjarmasin. Bila tidak ada halangan, Bhakti bakal membuka satu gerai milik mitra di kota kembang pada bulan ini. Saat ini mereka masih tahap persiapan.

Salah satu hal yang membuat gerai ini  jadi incaran mitra adalah karena menyasar segmen menengah bawah. Dengan harga jual antara Rp 10.000 sampai Rp 30.000 per paket. Sudah begitu menu yang tersedia ada 30 varian. Seperti garlic chicken, chicken pop corn, atau hot cheesy.

Dia mengklaim kelebihan produknya ada pada 12 varian saus. dan saban bulan ada  saus spesial yang bisa di campur dengan saus keju. "Jadi pelanggan selalu mendapatkan menu dan sensasi baru," katanya pada KONTAN.

Chicheese Fiesta menawarkan tiga paket kemitraan. Pertama tipe seluas 50 m² senilai Rp 250 juta, kedua tipe 100 m² sebesar Rp 300 juta, dan tipe seluas 150 m² dengan investasi Rp 350 juta.

Untuk memudahkan menjalankan usaha, ia menerapkan sistem operasional penuh dengan mengenakan biaya  manajemen  5% dari omzet per bulan. Untuk menjaga kualitas produk, mitra wajib mengambil bahan baku dari pusat.

Berdasarkan perhitungan Bhakti, waktu balik modal mitra sekitar satu tahun. Dengan catatan bisa meraup omzet Rp 120 juta per bulan.  Setelah dikurangi biaya produksi dan operasional, margin usaha mitra sebesar 30% dari omzet per bulan.

Sejauh ini sudah ada 30 gerai yang masuk daftar tunggu tahun ini. Dari jumlah itu, ia optimistis bisa mengoperasikan sebanyak 24 unit gerai mitra sampai akhir tahun ini.

Djoko Kurniawan, Konsultan Usaha menyarankan supaya pihak pusat dan mitra membuat program promosi yang menarik perhatian konsumen. Seperti membuat paket promosi makanan dan minuman. Promo ini juga bisa disebar ke media sosial.

Supaya menarik, perlu menampilkan foto menu di program promosi tersebut. Agar brand awareness dari resto ayam ini tetap terjaga.

Langkah lain adalah pemberian voucer yang  kerap dilakoni para pebisnis makanan besar. Tujuannya adalah untuk mendorong konsumen  datang lagi.       

Chicheese Fiesta
Jl  Pandan Wangi No.33, Kp Ciendog, Kab Bandung
HP 08122488881

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×