kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,49   -8,95   -0.95%
  • EMAS1.027.000 -0,19%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Mencetak cuan layanan daring dari bisnis percetakan


Sabtu, 16 Maret 2019 / 13:00 WIB
Mencetak cuan layanan daring dari bisnis percetakan


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Bidang usaha apapun kini terys beradaptasi dengan layanan online atau daring, tak terkecuali bisnis percetakan. Salah satu usaha rintisan (start up) percetakan yang merambah ke daring adalah Maucetak.com yang beroperasi tahun 2016.

Dengan sistem pemasaran hingba pelosok Tanah Air, start up ini mengaku fokus pada permintaan pasar di Jakarta. Tahun ini targetnya pertumbuhan 25% dari tahun sebelumnya.

Maucetak.com bisa mencetak segala produk cetakan dari kertas, tersedia berbagai pilihan jenis kertas finishing seperti Laminating Doff, Laminating Glossy, Spot UV, Hot Print, Emboss dan Deboss.

"Dengan sistem online, kami berharap dapat mempermudah calon pelanggan untuk cetak tanpa harus ribet datang ke percetakan. Cara kerjanya juga mudah, pengguna hanya perlu kirim file, kemudian tim ahli seperti ahli percetakan dan tim desain kreatif akan membantu selanjutnya," ujar Erik Setiawan, Chief Executive Officer Maucetak.com kepada KONTAN pekan lalu.

Dia menyebut, pihaknya dipercaya menyediakan kebutuhan percetakan beberapa perusahaan seperti Soraya Intercine Film, Koinworks, PPM Manajemen serta UMKM. Usaha rintisan ini mencetak kalender, paper bag, notebook, packaging, katalog, kartu nama, kemasan makanan, buku agenda dan masih banyak lainnya.

Dengan merambah ke daring, Erik mengaku mendapatkan permintaan dari luar Jakarta seperti Merauke, Palu, Makassar, Pontianak, Padang, dan Batam. Hingga saat ini total mitra percetakan yang digandeng Maucetak.com mencapai 20 mitra.

Pemain lain di bisnis ini adalah Kemasaja.com. Usaha rintisan ini merupakan pebisnis jasa desain dan percetakan yang sudah memiliki 35.000 pengguna terdaftar yang membuat desain secara online lewat Kemasaja.com

Berawal dari 2014 dengan menawarkan jasa desain kemasan ke pemilik produk UMKM secara door to door, awalnya memberikan sambutan positif dan hasil yang cukup memuaskan.

"Hampir semua tertarik untuk membuat desain kemasan yang lebih menarik dan sebagaian UMKM juga mempercayakan proses cetak di kami," kata Rizal Hidayat, Pemilik Kemasaja.com kepada KONTAN, pekan lalu.

Namun, setelah usaha yang ia rintis berjalan beberapa bulan, ia mengatakan banyak sekali masalah yang dihadapi salah satunya terkait selera desain masing-masing UMKM. Untuk satu desain saja bisa lima kali revisi, bahkan lebih dari itu. Rizal bilang kendala tersebut sangat banyak menyita waktu dan juga tenaga.

Akhirnya, Rizal memutuskan untuk mengikuti kompetisi ide start up teknologi yang diadakan oleh Bandung Techno Park (BTP).

"Sekarang kami gandeng lima mitra percetakan dan 6 orang desainer freelance yang bermitra dengan kemasaja.com, katanya.

Ia juga bilang, saban bulannya bisa menerima 300 permintaan, mulai dari cetak ID Card dan aksesori.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×