kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengalun laba merdu di bisnis karaoke


Jumat, 11 April 2014 / 12:06 WIB
Mengalun laba merdu di bisnis karaoke


Reporter: Kornelis Pandu Wicaksono | Editor: Rizki Caturini

Kesibukan yang tinggi serta aktivitas yang padat sepanjang minggu membuat kondisi badan lelah dan pikiran penat. Itulah sebabnya, banyak masyarakat terutama di kota-kota besar memanfaatkan akhir pekannya untuk bersantai atau mencari hiburan agar kembali segar menyambut pekan yang baru.

Salah satu tempat yang banyak dicari untuk menghibur diri dan berkumpul bersama teman-teman adalah studio karaoke. Tak heran, kini makin banyak tempat karaoke yang bermunculan. Salah satu tempat karaoke yang masih terbilang baru adalah Karaoke Gravista di Solo, Jawa Tengah.
Lucas Setiabudi, staf pemasaran Gravista Karaoke, mengatakan, usaha ini mulai beroperasi sejak tahun lalu. Dalam setahun ini Gravista sudah memiliki lima cabang di Solo. Lantaran banyak permintaan kerjasama yang masuk, Gravista akhirnya menawarkan kerjasama franchise mulai awal 2014.

Lucas bilang, hingga kini Gravista belum memiliki mitra, namun sudah ada beberapa yang tertarik bergabung. Berminat? Anda harus merogoh kocek cukup dalam, yakni seharga Rp 1,25 miliar. Dari paket itu mitra akan mendapat fasilitas renovasi ruangan, desain interior, dan pemasangan sistem suara. Selain itu mitra juga akan mendapatkan layar teve LCD, sistem komputer, server, AC, perlengkapan resepsionis, dan peralatan dapur.

Mitra hanya perlu menyediakan lokasi yang memadai untuk karaoke, yaitu 2 ruko dua lantai dengan ukuran 10 m x 5 m. Ruko tersebut minimum dapat dibagi dalam 15 ruangan karaoke dengan berbagai ukuran. Daya listrik yang diwajibkan oleh manajemen sebesar 42.000 kWh. "Kami akan melakukan survei lokasi," ujar Lucas.

Balik modal 2 tahun

Yang jelas, untuk sukses di bisnis ini, pusat mengharapkan mitra bisa mencari lokasi yang strategis. Selain itu fasilitas tempat parkir juga harus memadai untuk menampung konsumen dari Gravista. Syarat lainnya,  lokasi juga tidak boleh berada dekat tempat ibadah atau sekolah.

Di karaoke Gravista, pengunjung bisa memilih empat ukuran ruang karaoke yang berbeda. Ruang berukuran kecil, sedang, besar, dan VIP. Tarif karaoke tergantung dari ruangan yang dipilih. Harga berkisar Rp 60.000–Rp 100.000 per jam.

Lucas bilang, pengunjung per hari sekitar enam hingga hingga orang per kamar. Kira-kira mitra dapat memperoleh omzet di atas seratus juta rupiah per bulan. Dalam kerjasama ini mitra diwajibkan menyetor biaya royalti sebesar 5% dari omzet. Dia menghitung, mitra bisa balik modal sekitar dua tahun.

Amir Karamoy, Ketua Komite Tetap Waralaba dan Lisensi Kadin Indonesia, berpendapat, usaha karaoke di daerah masih relatif minim persaingan ketimbang di kota-kota besar. Ini bisa jadi peluang. Yang perlu diperhatikan calon mitra ialah pang-sa pasar yang dibidik pemilik usaha. "Jika jelas, bisnis karaoke di daerah cukup potensial," ujar Amir.      

Gravista Karaoke          
Perum Fajar Indah Permata AD I No. 5, Solo                 

HP: 087836325282

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×