kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Mengambil peluang dari pertanyaan konsumen


Sabtu, 28 September 2019 / 10:20 WIB

Mengambil peluang dari pertanyaan konsumen

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masalah yang kerap dirasakan para pedagang online adalah menumpuknya pesan dan percakapan dari pembeli yang masuk. Tapi, para penjual online tidak memungkinkan harus menjawab seluruh pertanyaan selama 24 jam secara terus-menerus.

Melihat permasalah tersebut perusahaan digital BJtech membuat aplikasi anyar yang membantu para pebisnis online, terutama  UMKM saat ini. Setelah menciptakan Bang Joni dan bekerjasama dengan beberapa perusahaan besar dalam pengembangan produk berbasis chatbot, BJtech meluncurkan Balesin.id.

Chief Executive Officer (CEO) BJtech Diatce G. Harahap menerangkan Balesin.id merupakan administrator otomatis toko online yang siap menjawab pertanyaan konsumen dengan tepat dan cepat. Lewat aplikasi ini, penjual tidak perlu repot harus menjawab ratusan pesan yang masuk satu per satu.

Konsumen juga tidak perlu khawatir dengan pertanyaan yang diajukan karena pasti ada jawaban pelanggan dengan tepat dan cepat. "Aplikasi ini bisa ditempatkan di media sosial, dan tinggal memencet link untuk bertanya," katanya kepada KONTAN.

Baca Juga: Tak lagi dipandang sebelah mata, potensi bisnis AI dan Big Data kian cemerlang

Aplikasi ini dibekali dengan kecerdasan buatan. Sehingga saat pebisnis mendapat fitur mini web untuk memaparkan ragam produk dan layanannya, bisa terpantau oleh Balesin.id. Dan aplikasi ini langsung mengenali dan menghubungkan ke penjual.

Aplikasi yang baru meluncur dua bulan inipun sudah mendapat respon positif. Diatce mengklaim, hingga kini sudah hampir 1.000 pengguna yang memakai Balesin.id. Pada periode yang sama, tercatat sudah ada sekitar 1,2 juta pesan yang keluar masuk via aplikasi tersebut.

Saat ini pengguna yang ada di Balesin.id mayoritas adalah UMKM produk fesyen. Namun ada juga produk lainnya selain UMKM misal saja penyedia edukasi, jasa event, dan kecantikan. Ditargetkan hingga akhir tahun ini bisa merangkul hingga 50.000 pengguna.

Baca Juga: Bisnis Start up Chatbot Botika tahun ini diproyeksikan tumbuh hingga 200%

Untuk bisa merealisasikan target tersebut, Balesin.id tengah berupaya memperluas pasar. Tak cuma melulu ke para UMKM tapi juga layanan online lainnya. Misalnya di bidang medis yang melibatkan tenaga medis untuk menjawab pertanyaan seputar medis.

Selain itu, ada juga rencana  aplikasi ini memakai berbagai ragam bahasa daerah. Dengan aksi tersebut, manajemen Balesin.id berharap  bisa memperluas layanan di sejumlah daerah.

Sekarang ini, aplikasi Balesin.id baru digunakan di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Makassar dan Surabaya. "Kami ada pelatihan lalu ada kerjasama dengan HIPMI, Line dan berbagai daerah," jelas Diatce.

Saat ini pengguna Balesin.id masih dapat menggunakan paket premium secara gratis.  Namun ada catatannya. Yakni ada tanda khusus dari aplikasi Balesin.id bahwa tidak semua pertanyaan yang bisa disampaikan. Nah, nantinya tahun depan akan ada paket berbayar Rp 59.000 per bulan.


Reporter: Ratih Waseso
Editor: Markus Sumartomjon


Close [X]
×