kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,83   6,23   0.63%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menggeprek renyah cuan Ricks Cubanos


Sabtu, 22 September 2018 / 07:30 WIB
Menggeprek renyah cuan Ricks Cubanos


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Meski sudah melenggang beberapa tahun terakhir, menu ayam geprek masih digemari. Pemain baru pun masih bermunculan. Seperti, Ricks Cubanos asal Yogya.

Baru berdiri sebulan lalu, Ricks Cubanos pun langsung menawarkan kemitraan.  Namun, sampai sekarang belum ada mitra yang bergabung. Sementara, pusat sudah membuka satu cabangnya di Lampung. "Belum ada yang deal tapi sudah banyak permintaan dari Jabodetabek," kata Aziz Triana, Kepala Divisi Marketing Franchise Ricks Cubanos.

Ricks Cubanos menawarkan 15 menu ayam geprek. Antara lain, ayam cubanos matre, ayam cubanos damang dan ayam cubanos damang keju. Seporsi menu ayam ini diganjar Rp 20.000- Rp 25.000 per porsi. Aziz mengklaim, rasa khas dari racikan rempah yang kental sebagai keunggulannya.

Ada dua paket kemitraan Ricks Ubanos. Pertama,  paket Rp 456,5 juta. Pada paket ini mitra bisa memakai merek selama lima tahun, mendapat perlengkapan dapur, perlengkapan resto, renovasi sederhana, bahan baku awal, pelatihan dan branding. Adapun ruang usaha yang harus mitra siapkan seluas 80 m².

Kedua, paket senilai Rp 556,5 juta. Fasilitasnya sama seperti paket sebelumnya. Hanya, luas ruang usaha yang harus mitra siapkan lebih besar lagi.  

Agar bisnis mitra berjalan sesuai keinginan, manajemen menerapkan sistem full operation dengan bagi hasil 50%:50% dari untung bersih.  "Karyawan dan pelatihan kami yang urus, sehingga mitra tinggal menerima laporan penjualan tiap bulan," tambahnya.

Berdasarkan perhitungan Aziz, waktu balik modal sekitar dua tahun. Dengan asumsi, omzet gerai Rp 7 juta per hari. Aziz bilang, manajemennya punya tim khusus untuk promosi.

Djoko Kurniawan, Konsultan Usaha menilai, potensi ayam geprek masih bagus. Kunci utama untuk mengajak mitra bergabung adalah analisa bisnis yang menarik. Jika janji terlalu berlebihan, boleh jadi calon mitra akan ragu.  Atau, jika harga kemitraan terlalu mahal, maka calon mitra akan melihat kekuatan brand dan track record dari pemilik brand.  

Jika harga kemitraan dianggap tidak masuk akal maka penawaran akan ditolak oleh calon mitra.  Ini dikarenakan bisnis ayam geprek bukan bisnis yang susah untuk ditiru.  Hanya dengan membeli resep dan membuat standar premix yang benar maka menu bisa diciptakan dengan cepat

Selain itu, mencapai target penjualan Rp 8 juta per hari tentu bukan hal yang mudah. Pengelola harus punya strategi yang jitu kegiatan marketing dengan pola yang benar "Coba datang ke outlet yang sudah buka dan amatilah, apakah konsumen yang datang sesuai dengan analisa bisnis yang ditawarkan," pungkas Joko.             

Ricks Cubanos
Jl Monjali 251, Siduadi,
Mlati, Sleman
Yogyakarta
HP. 081129400442

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×