kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menggigit kenyal cuan bakso kekinian


Sabtu, 26 Mei 2018 / 16:05 WIB
Menggigit kenyal cuan bakso kekinian


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Siapa tak doyan bakso? Hampir semua orang pasti menggeleng, karena sajian ini menjadi favorit banyak orang. Pasar yang sangat besar pun mengundang banyak pemain bermunculan.

Belakangan, para pemilik warung bakso pun mengemas gerainya lebih modern dan kekinian. Penyajiannya juga dibuat unik untuk memancing rasa penasaran.

Seperti Martin Sunu, pemilik Bakso Kemon. Selain mendadani gerainya dengan konsep gaya modern, ia juga menawarkan jenis-jenis bakso nan unik. Martin membuka gerainya Agustus 2017 lalu di Galaxi, Bekasi.

Lalu, dia menawarkan kemitraan. Kini, ada satu gerai mitra di di Rawamangun, Jakarta Timur. "Ada juga dua calon mitra yang akan bergabung dengan lokasi di Cakung dan Tebet," katanya.

Menyasar konsumen menengah, Marin menjual seporsi bakso Rp 18.000 sampai Rp 38.000. Tersedia 15 menu bakso, namun yang jadi andalan adalah bakso kelapa. Ini adalah bakso yang disajikan di dalam buah kelapa, sehingga konsumen bisa menikmati bakso dan daging kelapa.  

Bakso Kemon menawarkan paket kemitraan senilai Rp 150 juta, untuk masa kontrak kerjasama selama lima tahun. Namun, total modal yang harus disiapkan mitra mencapai Rp 850 juta.  Modal ini sudah termasuk biaya bahan baku, peralatan, sewa lokasi selama dua tahun, dan lainnya.

Martin mengutip biaya royalti 3% dari omzet. Mitra juga wajib beli bakso, bumbu kuah dan bumbu kering dari pusat.  

Martin pun menaksir, waktu balik modal sekitar satu sampai dua tahun. Asal, total penjualan per bulan mencapai Rp 200 juta.  

Djoko Kurniawan, Konsultan Usaha menilai bisnis bakso sangat bagus. "Sampai kapanpun, potensi warung bakso akan tetap bagus," ujarnya. Memang untuk persaingan sudah cukup ketat tapi peluang masih besar, karena bakso belum banyak bakso yang dikenal secara nasional.

Agar terlihat menarik bagi anak muda maka pemilik bisnis harus memikirkan varian baru dan cara penyajian yang unik. Maklum, anak muda suka sesuatu yang baru dan terlihat gaul. Jadi penampilan outlet juga harus dipikirkan.  "Jangan hanya jual produk tapi tonjolkan pula unsur pengalaman dan kebahagiaan (experience & happiness)," pungkasnya.

Bakso Kemon
Jaka Setia, Bekasi Selatan
Kota Bekasi, Jawa Barat
HP.  08156123456

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×