kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menggigit legit laba usaha kue bolu buah


Sabtu, 05 Mei 2018 / 11:10 WIB
Menggigit legit laba usaha kue bolu buah


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Bisnis makanan terus menjamur. Di sisi lain, gaya hidup sehat juga terus bergaung di sejumlah kota. Momen inilah yang digunakan Ishak Helwinsyah membuka gerai cake berbasis buah-buahan, Mr D Cake di Balikpapan, Kalimantan Timur.  

Ia menjual sekitar 20 jenis bolu dan cookies. Penggunaan buah sebagai salah satu bahan baku menjadi keunikan keik buatan Mr D. "Produk kami memang fokus memakai buah sebagai bahan baku," ungkap Helwin. Cake yang berbahan buah naga, cempedak dan durian ini dijual mulai Rp 35.000-Rp 50.000 per boks.  

Setelah lima tahun berlalu, Helwin pun menawarkan kemitraan. Meski belum ada mitra yang bergabung, sudah banyak calon mitra yang mulai tertarik.

Ada tiga paket kemitraan Mr D. Yakni, Paket A senilai Rp 90 juta. Fasilitas yang didapatkan mitra adalah perlengkapan masak termasuk mixer ukuran 20 liter, bahan baku awal senilai Rp 5 juta, pelatihan dan branding. Paket B senilai Rp 75 juta, yang didapatkan mitra sama dengan paket sebelumnya hanya saja bahan baku awalnya senilai Rp 4 juta.

Terakhir, Paket C dengan modal Rp 60 juta. Perbedaan fasilitasnya terletak pada ukuran mixer, yakni 10 liter dan bahan baku senilai Rp 3 juta. Untuk menjaga kualitas produk dan rasa, mitra wajib mengambil racikan bolu dan lainnya dari pusat.

Helwin mengutip biaya royalti sebesar 5% dari laba bersih. Untuk paket A, calon mitra wajib menyiapkan lokasi seluas 40 m2 dan dua atau tiga karyawan.

Berdasarkan perhitungan Helwin, waktu balik modal mitra kurang dari enam bulan. Asalkan, saban bulan ada sekitar 1.500 boks yang terjual di gerai mitra. Atau dengan perolehan omzet Rp 45 juta. Keuntungan yang bisa dikantongi mitra sebesar 50% dari omzet.

Sepanjang tahun ini, Helwin hanya memasang target dua sampai tiga mitra. Jumlah mitra sengaja dibatasi karena disesuaikan dengan kemampuan produksi dan tenaga kerja.

Helwin menilai usaha makanan kesehatan ini mempunyai potensi usaha yang baik hingga tahun-tahun kedepan. Karena, jumlah pengikut gaya hidup sehat makin terus meningkat.

Erwin Halim, Konsultan Usaha dari Proverb Consulting menilai potensi sektor usaha bakeri dan cake ini masih akan bagus ke depannya karena besarnya jumlah pasar yang dapat tergarap.

Agar mendapatkan mitra kerjasama, Erwin menyarankan untuk membuat produk yang unik agar brand dikenal oleh pasar. Selain itu, penjualan yang tinggi dan stabil pada gerai pribadi  dapat menjadi pertimbangan positif calon mitra untuk mau bergabung.

Untuk menggaet konsumen baru agar mau datang dan membeli produk, bundling produk atau potongan harga dapat menjadi cara jitu.       

Mr. D Cake
Ruko Fantasi Junction
Blok SJ IV No. 15
Balikpapan Baru, Balikpapan
HP. 08115425577

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×