kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menggoreng peluang bakso goreng seafood


Sabtu, 08 Desember 2018 / 07:30 WIB
Menggoreng peluang bakso goreng seafood


Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Bakso goreng kini juga menjadi andalan sejumlah pebisnis kuliner. Dicocol dengan sambal dan saos, camilan ini juga banyak penggemarnya.  

Pemainnya pun terus bertambah. Kali ini, datang tawaran kemitraan dari Baksotopia, bakso goreng seafood asal Jakarta yang berdiri Oktober 2018 lalu. 

Dessy Kurnia, Marketing Baksotopia menyebutkan, ada dua paket tawaran kemitraan. Yakni,  paket Rp 38 juta dan paket Rp 88 juta. Tapi, paket Rp 38 juta hanya berlaku bagi mitra yang sudah punya bisnis kuliner. "Hanya beli lisensi dan sistem. Tak dapat peralatan dan booth," kata Dessy. 

Sedangkan paket Rp 88 juta, mitra akan mendapat fasilitas lisensi dan kerjasama franchise selama 5 tahun, booth, peralatan dan perlengkapan usaha, sistem, standar operasional, marketing, kemasan, pelatihan karyawan dan bahan baku awal. 

Mitra harus menyiapkan lokasi seluas 6 m²-8 m². Lokasi gerai sebaiknya di mal atau pusat kuliner.  
Baksotopia menawarkan tiga varian bakso goreng, yakni bakso lobster, bakso salmon dan bakso ikan. Harganya mulai  Rp 25.000-Rp 35.000 per porsi atau sesuai daya beli tiap lokasi.  

Pihak pusat mengenakan biaya manajemen dan marketing bulanan 5% dari omzet. Mitra juga wajib membeli pasokan bahan baku dan kemasan dari pusat. 

Perkiraan perolehan omzetnya Rp 50 juta per bulan. Lalu, prediksi balik modalnya sekitar 7-10 bulan. "Balik modal pasti tergantung penjualan dan marketing. Kalau pas awal-awal bisa booming, balik modal 3 bulan juga masuk akal," kata Dessy. 

Pihak pusat belum membuka gerai Baksotopia. Menu bakso goreng disajikan di gerai Bakmitopia. Dalam waktu dekat, pusat akan membangun gerai sendiri.

Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI), Levita Supit berpendapat kuliner bakso masih sangat menjanjikan. Baginya, apabila ada bisnis bakso yang tidak berhasil kemungkinannya sangat kecil.

Mencermati tawaran kemitraan Baksotopia, Levita mengatakan sebuah bisnis idealnya harus berjalan minimal 5 tahun baru bisa menawarkan kemitraan. Agar calon mitra bisa mendapat gambaran pasti tentang jalannya bisnis.                     
PT Indosterling Boga Trada (Baksotopia) 
Senayan Trade Centre 4th floor, suite 83-85 
Jl Asia Afrika pintu IX, Jakarta HP 0813-8000-1858

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×