kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menggulung peluang kebab baru Baba Rafi


Minggu, 28 Oktober 2018 / 07:30 WIB
Menggulung peluang kebab baru Baba Rafi


Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Meskipun bukan kudapan asli Indonesia, usaha kebab masih terus menggelinding. Potensi yang ada masih nampak menggiurkan. Tak heran, Baba Rafi kembali mengemas konsep anyar gerai kebab.  

Kali ini, mereka menawarkan kemitraan Smokey Kebab Baba Rafi. "Kini, sudah ada 10 gerai tersebar di sekitar Jakarta, Tangerang, dan Depok," terang Fitri Anisa Putri, Staf Franchise Development Baba Rafi Indonesia.

Baba Rafi menawarkan dua paket investasi Smokey Kebab, yakni paket senilai Rp 75 juta dan paket Rp 250 juta. Fitri menjelaskan, saat ini masih ada promosi paket tersebut, dari paket Rp 75 juta menjadi Rp 65 juta dan paket Rp 250 juta menjadi Rp 200 juta.

Dengan modal tersebut, mitra akan mendapat fasilitas kerjasama brand sekaligus franchise fee selama 5 tahun, kontainer, desain sekaligus renovasi interior kontainer, set meja dan kursi, peralatan masak lengkap, karyawan, seragam, sistem kasir, promosi dan bahan baku awal. Mitra hanya perlu menyediakan lokasi usaha.

Konsep Smokey Kebab ini sedikit berbeda dengan gerai Kebab Baba Rafi lainnya. Yakni, mengusung konsep outdoor dan semi outdoor. Luas minimal tempat usaha 25 m² untuk paket Rp 75 juta dan 80 m² untuk paket senilai Rp 250 juta. "Konsepnya hampir sama dengan Container Kebab, seperti tempat nongkrong modern. Bedanya, menu yang kami tawarkan lebih beragam, ada menu rice bowl dan kopi kekinian," tutur Fitri.

Menunya antara lain kebab original, black kebab, kebab chijeu, kebab gandum, kebab piscok, canai salad dan lainnya. Beragam menu tersebut dibanderol mulai Rp 15.000-Rp 35.000.

Fitri bilang, rata-rata omzet gerai Rp 100 juta-Rp 150 juta per bulan. Pusat menerapkan bagi hasil dari laba bersih. Sebesar 60% untuk mitra dan 40% untuk pusat. Dengan perkiraan omzet tersebut, mitra diperkirakan bisa mencapai balik modal sekitar 16 - 20 bulan.

Pengamat Waralaba dari Entrepreneur College, Khoerussalim Ikhsan berpendapat, prospek bisnis kuliner, termasuk kebab masih bagus. Sebagai pioner bisnis kebab di tanah air, tentu brand Baba Rafi tidak kesulitan lagi untuk memperkenalkan brand baru dan produknya. "Pusat perlu memperkuat manajemen, kalau bisa meningkatkan. Outlet Baba Rafi kan sudah ribuan, jadi yang perlu diperhatikan masalah manajemennya," ujar Khoerussalim.

Kuatnya manajemen bisa meminimalisir Baba Rafi dari persoalan SDM dan produk tiruan. "Penyakit yang biasanya muncul kalau sebuah brand sudah terkenal adalah pemain lain akan meniru, baik dari sisi produk maupun konsep," tambah Khoerussalim.                       

Smokey Kebab Baba Rafi
Jl RS Fatmawati No 33
RT 3/RW 7, Pondok Labu, Cillandak, Jakarta Selatan
HP. 081210522358

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×