kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menghabiskan libur Lebaran di destinasi wisata luar negeri


Sabtu, 09 Juni 2018 / 11:05 WIB
Menghabiskan libur Lebaran di destinasi wisata luar negeri


Reporter: Nur Pehatul Janna | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Libur Lebaran sangat dinantikan oleh masyarakat. Selain menjadi momentum untuk berkumpul bersama keluarga, banyak pula yang melewatkannya untuk pelesiran. Apalagi, Lebaran kali ini berdekatan dengan libur sekolah.

Biro perjalanan pun ikut ketiban rezeki. Mereka gencar menawarkan paket liburan menarik memanfaatkan libur panjang kali ini. Hanya, sejumlah biro wisata hanya fokus mengemas paket pelesir ke luar negeri (outbound).

Salah satunya, PT Bayu Buana Tbk. Biro wisata ini telah menjual paket libur Lebaran tiba bulan lalu. Pameran dan harga yang kompetitif menjadi daya tariknya. Agustinus Pake Seko, Direktur Utama Bayu Buana mengatakan, sekitar 95% permintaan perjalanan pada periode libur lebaran tahun ini didominasi oleh permintaan wisata ke luar negeri, seperti Eropa, Amerika, Jepang, Korea, China dan Selandia Baru.

"Sementara, wisata domestik tak signifikan karena bersifat independen atau masyarakat lebih memilih untuk melakukan perjalanan sendiri dengan membeli tiket dan kamar hotel saja," ujarnya.

Bahkan, pada kesempatan ini, perusahaan berhasil melampaui target yang ditetapkan. "Awalnya perusahaan hanya menargetkan tumbuh sekitar 10%-15%, namun hingga saat ini  pertumbuhan sekitar 20%," ujarnya.

Oleh karena itu, kini Bayu Buana sudah menutup penawaran paket wisata Lebaran lantaran kuota kursi dan kamar hotel yang telah di blok sudah habis. "Semua sudah habis, jadi tidak ada penambahan slot lagi dan kini yang kami tawarkan paket wisata periode setelah libur Lebaran," tuturnya.

Hal yang sama juga dialami oleh PT Smailing Tour.  Biro wisata ini juga gencar menawarkan berbagai paket menarik untuk periode libur lebaran dengan mengikuti berbagai pameran serta memberikan diskon pada paket-paket tertentu.

Namun, Smailing Tour and Travel hanya menawarkan perjalanan ke luar negeri saja sehingga target pendapatan sepenuhnya disokong oleh perjalanan ke luar negeri (outbound). Putu Ayu Aristyadewi, Group Vice President Marketing and Communication PT Smailing Tour and Travel mengatakan, telah melakukan penawaran dari beberapa bulan sebelumnya dengan mengikuti berbagai pameran, iklan, website, hingga sosial media dengan menawarkan diskon untuk keluarga dan cicilan 0% dan cashback untuk pemegang kartu kredit tertentu.

Menurutnya, sejauh ini pendapatan untuk perjalanan periode libur Lebaran hampir menyentuh target yakni sebesar 25%. "Pada periode libur Lebaran sebelumnya,  kami menargetkan kenaikan sekitar 30% dan hingga saat ini sudah tercatat ada kenaikan sebesar 25%. Hingga akhir Ramadan nanti kami optimistis bisa mencapai target itu," ujarnya.

Sejumlah destinasi favorit luar negeri di antaranya Jepang, Korea, China, Hong Kong, dan Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×