kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menghirup keharuman fulus kedai kopi dari Kopi Konnichiwa


Sabtu, 14 Desember 2019 / 12:00 WIB
Menghirup keharuman fulus kedai kopi dari Kopi Konnichiwa


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Anda masih tertarik berbisnis kedai kopi? Kalau iya, bisa menyimak tawaran waralaba Kopi Konnichiwa.

Dari namanya pasti terbesit bahwa kedai kopi ini berasal dari Jepang. Jawabannya salah, kedai kopi ini murni berasal dari lokal, Indonesia. 

Adalah Hernando Santoso sebagai pemilik dan pencetus Kopi Konnichiwa. Ia sengaja terjun di bisnis kedai kopi karena melihat potensi bisnis kedai kopi yang masih tumbuh plus karena kegemarannya minum kopi. Terkait pemilihan nama Jepang, Hernando mengakui memang menyukai budaya Jepang.

Baca Juga: Rame rame tambah kedai kopi demi menjaring pelanggan

Maka jangan heran, nuansa kedai Kopi Konnichiwa ini kental dengan suasana Jepang. Mulai dari dekorasinya hingga nama menu yang tersaji. Ada menu es kopi kyoto latte, es kopi godzilla latte dan menu lainnya dengan banderol harga Rp 15.000 per cup sampai Rp 23.000 per cup. "Butuh riset menu enam bulan dan konsepnya ala Jepang yakni grab and go," katanya kepada KONTAN usah grand launching Kopi Konnichiwa, Selasa (10/12).

Baca Juga: Fore Coffee akan buka 120 gerai hingga akhir 2019

Meski baru beroperasi, Hernando langsung membuka tawaran waralaba dengan paket Rp 80 juta yang sudah termasuk franchisee fee sebesar Rp 50 juta. 
Meski baru berjalan, ia mengklaim sudah ada 20 gerai mitra di sekitar Jabodetabek yang siap buka lapak. Dan saat ini ada sekitar 50 calon mitra yang masih tahap penjajakan. 

Baca Juga: Ngopi di kalangan milenial: Di antara tren, kemudahan dan cashback

Dengan paket investasi Rp 80 juta, mitra akan mendapat  mendapat lisensi penggunaan brand Konnichiwa selama tiga tahun. Selain itu ada perlengkapan pembuatan produk, seragam, media promosi, pelatihan serta booth desain khas Kopi Konnichiwa. Adapun biji kopi  dari Pekanbaru Riau.

Untuk menarik perhatian, ia menampilkan kemasan kopi yang khas ala Jepang, yakni bergambar kucing atau neko dalam bahasa Jepang yang memiliki filosofi membawa keberuntungan. "Di Jepang, neko itu perlambang lucky," sahutnya.

Dengan konsep kemitraan yang ia tawarkan, Hernando menargetkan kedai Konnichiwa terus berkembang. Ia berharap hingga akhir 2020 nanti, jumlah gerai mitra bisa mencapai 100 gerai di Jabodetabek dan juga beberapa kota lain di Indonesia. "Setelah Jabodetabek tentu berlanjut di luar wilayah tesebut," harapnya.

Konsultan waralaba dari Proverb Consulting, Erwin Halim menilai bisnis kopi saat ini masih terus tumbuh. Ini terlihat dari hampir semua brand kopi kekinian tetap berjalan dengan penjualan yang positif. "Bahkan ada salah satu merek sudah miliki gerai di atas 700 cabang," kata Erwin kepada KONTAN.

Tapi ia mengingatkan jangan lupakan pemilihan lokasi yang strategis, dan layanan yang prima ke konsumen. n

Konnichiwa Kopi
Jalan Golf Island Blok L, No 19, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara
Hp: 081211771919

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×