kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengiris peluang kelezatan martabak


Sabtu, 12 Mei 2018 / 13:15 WIB
Mengiris peluang kelezatan martabak


Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Martabak masih menjadi salah satu camilan favorit hingga kini. Hingga muncul  martabak kekinian dengan aneka taburan topping yang digemari generasi kekinian.

Tawaran kemitraan dari camilan itupun langsung tersaji. Seperti Martabak Maskulin asal Bandung.
Bisnis martabak besutan Agung Hariyadi ini berdiri sejak April 2017 dan mulai menawarkan kemitraan sejak Februari 2018. "Karena baru menawarkan kemitraan, gerai Martabak Maskulin baru satu, milik saya di Bandung," kata Agung.

Ia menawarkan satu paket investasi sebesar Rp 175 juta dengan ragam fasilitas (lihat tabel) plus langsung terdaftar sebagai mitra Go-Food dan Grab-Food. Lantaran konsep gerai Maskulin berupa food truck dengan kontainer seluas 12 m², maka ia sarankan mitra menyediakan lahan seluas 50 m².  Kelebihan lahan dipakai untuk area parkir.   

Martabak Maskulin menjual martabak manis dan martabak telur. Khusus yang manis ada lima pilihan adonan plus ragam topping atau isian. Ada lagi martabak per slice serta isian martabak telur mulai dari daging ayam dan sapi. Harganya mulai dari Rp 7.000 sampai Rp 60.000 per loyang. Tapi mitra bisa menyesuaikan harga jual. "Keunggulan kami di harga yang murah," katanya.

Agung mengatakan perkiraan omzet yang didapat gerai Martabak Maskulin antara Rp 1,5 juta – Rp 2,5 juta per hari. Praktis dalam sebulan, perkiraan omzetnya mencapai Rp 45 juta - Rp 75 juta. "Perkiraan omzet pesimis itu Rp 1,5 juta per hari," ujarnya.

Dengan perkiraan omzet tersebut, mitra diperkirakan bisa balik modal 12 bulan - 20 bulan. Alhasil perkiraan balik modal pesimis, maksimal 2,5 tahun. Selain itu, mitra wajib membayar biaya royalti bulanan 3% dari omzet bulanan untuk biaya pemasaran. Plus wajib membeli bahan baku terutama tepung adonan.  

Dengan tawaran ini, ia targetkan bisa tambah 10 mitra tahun ini. Tapi karena martabak ini sudah dibeli sebuah perusahaan, maka ia optimistis bisa gaet hingga 50 mitra pada tahun ini.

Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI), Levita Supit berharap mitra perhatikan kelebihan menu martabak terebut, promosi, target pasar, simulasi hingga dan dukungan pusat. Karena banyak pesaing.             

Martabak Maskulin
Jl. RE Martadinata No 83 Bandung
HP. 085314815335

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×