kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menimbang lagi tawaran bisnis cappucino cincau


Kamis, 21 Agustus 2014 / 17:18 WIB
Menimbang lagi tawaran bisnis cappucino cincau
ILUSTRASI. Ilustrasi: saham, obligasi, reksadana, portofolio investasi


Reporter: Primasyah Kristanto | Editor: Rizki Caturini

Tren minuman dingin seperti cappucino cincau belum juga surut. Salah satu pelaku usaha yang menawarkan kemitraan usaha minuman menyegarkan ini adalah Hans Tekun. Dia mendirikan usaha cappucino cincau di bawah bendera Golden Bugs Coffee sejak dua tahun lalu. Tiga bulan setelah itu, Hans menawarkan kerjasama kemitraan usaha kepada masyarakat.

Saat ini, Golden Bugs sudah memiliki 19 gerai, Sebanyak 15 gerai di antaranya adalah milik mitra dan sisanya milik pusat. Mitra Golden Bugs Coffee tersebar di berbagai lokasi di Jakarta dan Tangerang.

Hans tidak hanya menawarkan cappucino dengan cincau saja, namun juga cappucino vanilla, stroberi, cokelat atau bubble gum. “Pelanggan bisa memilih mau dikasih cincau atau tidak," ujarnya.

Jika berminat menjadi mitra, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 7,5 juta. Dengan biaya investasi sebesar itu mitra akan mendapatkan satu unit gerobak, blender, kotak pendingin, mesin press dan pelatihan untuk karyawan.

Ia mengklaim dalam sehari mitra dapat menjual sebanyak 100 cup asalkan lokasi yang dipilih mitra cukup strategis. Dengan harga jual yakni Rp 5.000 per cup, maka dalam sehari mitra dapat meraup omzet sebesar Rp 500.000. Setelah dikurangi biaya operasional, menurut Hans, mitra dapat balik modal dalam waktu enam bulan.

Dalam kerjasama ini mitra hanya diwajibkan untuk membeli bahan baku yakni bubuk minuman dari pusat. Bubuk minuman dibanderol seharga Rp 90.000 per kilogram (kg). “Satu kilogram bisa untuk memproduksi 50 cup," ujarnya.  

Golden Bugs Coffee tidak menarik biaya royalti kepada mitra usaha. Tetapi yang harus diperhatikan bagi mitra adalah untuk mencari satu orang karyawan beserta ruangan untuk usaha minimal  seluas 2 meter (m) x 1 m.

Hans bilang, kelebihan Golden Bugs Coffee dari produk lainnya terletak pada rasa dari minuman itu sendiri, “Berdasarkan komentar masyarakat, rasa kopi dan vanila buatan kami lain daripada yang lain,"
ujarnya.

Melihat kompetitor yang membuka usaha sejenis saat ini sudah cukup banyak, Hans mengatakan bisa menambah 30 mitra lagi itu sudah pencapaian yang cukup bagus. Jika berminat, cermati dulu tawarannya sebelum bergabung.      n

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×