kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Meniup gelembung potensi bubble drink


Sabtu, 07 Oktober 2017 / 10:15 WIB
Meniup gelembung potensi bubble drink


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Bisnis minuman begitu segar di negeri ini. Hawa yang panas sangat pas dengan minuman dingin. Apalagi, ditambah dengan jeli yang kenyal.

Tergiur potensi pasar minuman dingin ini, Jessica Fitriani Putri mendirikan gerai minuman bubble bernama Camcaw pada tahun 2015 silam. Setelah melihat respon konsumen pada gerainya, setahun kemudian, dia pun berani menawarkan kemitraan usaha.

Saat ini, Jessica sudah membuka lebih dari 31 gerai mitra yang tersebar di Lampung, Bandung, Palangkaraya, Banyuwangi dan Surabaya. Sementara, gerai miliknya sendiri ada delapan di Solo dan Yogyakarta.

Dia menyiapkan dua paket kemitraan Camcaw. Pertama, Paket Booth senilai Rp 27,9 juta. Kedua, Paket Island senilai Rp 62,9 juta.

Pada kedua paket ini, mitra akan mendapatkan booth sesuai paket yang diambil, peralatan dan perlengkapan, seragam, pelatihan karyawan, support marketing, sistem kasir Android dan bahan baku. Perbedaannya, terletak pada bentuk dan ukuran booth dan jumlah bahan baku.   

Pada kedua paket ini, Jessica memungut management fee sebesar 5%. Mitra juga wajib membeli bahan baku dan cup ke pusat.

Ada 25 varian minuman Camcaw. Pilihannya mulai dari Milkychoco, Chocoreo, Coffee, Vanilla dan lain sebagainya. Harga jualnya  Rp 10.000 per porsi.

Menurut perhitungan Jessica, mitra Camcaw bisa mendapatkan modalnya kembali dalam jangka waktu delapan bulan sampai 13 bulan. Asalkan, mitra bisa menjual 900 cup hingga 2.000 cup per bulan atau setara omzet Rp 9 juta  per bulan.

Mitra bisa mengantongi keuntungan bersih sekitar 40% dari omzet. Oleh karena itu, Jessica sangat yakin CamCaw akan menjadi bisnis minuman yang potensial.

Jessica memasang target, hingga akhir 2017 ini, ia bisa  menggandeng 60 mitra baru.  "Mudah-mudahan jumlah mitra baru bisa mencapai 60 mitra hingga penghujung tahun," ujarnya.

Menurut penilaian Djoko Kurniawan, Konsultan Bisnis, Marketing dan Franchise, peluang minuman bubble masih besar. Namun, dia berpesan, pemain harus kreatif karena kompetitor dan pemainnya semakin banyak. "Owner dan mitra harus mengontrol apa saja kebutuhan outlet agar bisa mencapai target penjualan atau target penjualan perbulannya," terangnya.   

Camcaw Bubble Drink
Jl Ir Soekarno, Solo Baru
(Foodcourt Pak Gendut) Sukoharjo, Jawa Tengah
HP. 089604138333

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×