kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menjajal kelegitan kue bolu ala es krim


Sabtu, 03 Agustus 2019 / 09:45 WIB
Menjajal kelegitan kue bolu ala es krim


Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu hidangan penutup yang punya banyak penggemar adalah bolu berasa keju alias cheese cake. Tak heran bila banyak pebisnis roti dan kue kerap menyajikan camilan ini sebagai salah satu produk yang dijual.

Putri Paramita dari Surabaya mengklaim punya produk bolu keju yang beda dengan yang lain. Ia menjual bolu keju laiknya menikmati es krim lewat label Dear Sweet sejak 2016. "Biasanya cheese cake dinikmati pakai piring dan garpu, dan kami tawarkan makan es krim supaya mudah dan praktis," katanya kepada KONTAN.

Ia menyebut bolu kejunya dengan cheese cake pop. Selain rasa keju, ada juga bolu sejenis dengan cokelat lumer dan topping aneka warna.

Melihat respon pasar yang positif, Dear Sweet menawarkan kemitraan sejak 2018 dengan paket investasi sekitar Rp 55 juta. Dengan modal tersebut mitra bakal mendapat ragam fasilitas. Dan calon mitra tinggal menyiapkan tempat, freezer, dan karyawan. "Freezer ini wajib tersedia karena produknya butuh dingin," jelas Putri.

Baca Juga: Peluang nendang gerai bolu jepang

Untuk membuka satu gerai Dear Sweet, calon mitra cukup menyiapkan lokasi usaha dengan luas minimal sekitar 2 meter x 2 meter. Adapun gerai Dear Sweet memiliki konsep minimalis yang bisa diletakkan di area foodcourt atau kantin.

Dear Sweet saat ini sudah memiliki 10 gerai yang tersebar di Surabaya, Yogyakarta, Solo, Makassar, Bandung, Jakarta, dan Balikpapan. Satu gerai milik pusat berada di Surabaya dan selebihnya milik mitra.

Baca Juga: Sedang ngetren, Boba Cake bisa jadi sumber cuan baru pebisnis kecil

Adapun harga cheese cake pop ini mulai dari Rp 11.000 per potong hingga Rp 28.000 per potong. Satu gerai Dear Sweet rata-rata bisa menjual 3040 potong bolu keju per hari. Praktis, rata-rata omzet yang bisa dikantongi mitra per bulan sekitar Rp 18 juta Rp 24 juta.

Dari hasil tersebut, mitra tidak dikenai royalti fee. Hanya mitra wajib membeli cheese cake dan bahan baku wajib lainnya. Dengan sistem tersebut, mitra bisa balik modal antara 12 bulan–18 bulan. Tergantung dari jumlah penjualan per gerai.

Saat ini, Dear Sweet masih menerima mitra bisnis dan ditargetkan bisa membuka 15 gerai lagi. Masih ada lima gerai lagi yang bakal dibuka.

Pengamat waralaba dari Proverb Consulting, Erwin Halim berpendapat bisnis Dear Sweet bisa berkembang karena belum ada pesaing. "Jadi peluang untuk berkembang," tukasnya.

Supaya berjalan, ada baiknya lokasi gerai yang strategis supaya promosi yang dilakukan bisa tepat sasaran dalam menjangkau target pasar.

----------------------------------

Dear Sweet

Mal Pakuwon Lantai 1 Surabaya

Hp: 081804504600

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×