kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menjajal kemitraan gorengan Asta Food


Senin, 10 Juni 2013 / 14:43 WIB
ILUSTRASI. Kenali 4 Penyebab Jerawat Punggung yang Harus Dipahami


Reporter: Noor Muhammad Falih | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Gorengan masih menjadi camilan andalan masyarakat Indonesia. Harganya yang relatif murah menjadikan kudapan ini punya penggemar dari berbagai kalangan. Makanya, kita bisa dengan mudah menjumpai penjaja gorengan. Bahkan, ada pebisnis yang membuka tawaran kemitraan. Salah satunya, Asta Food di Depok.

Asta Food didirikan Irfan Badi sejak 2009. Seperti penjual gorengan lainnya, gerai Asta Food juga menawarkan beragam makanan mulai dari gorengan tape, pisang, dan tahu.

Kata Irfan, sejauh ini, ia fokus pada tiga jenis gorengan itu, lantaran racikan tepung bumbunya kurang cocok untuk gorengan sejenis tempe dan bakwan. "Tepungnya terlalu tebal untuk gorengan jenis lain," ujarnya.

Respons pasar cukup baik. Pada tahun yang sama, ia pun menawarkan kemitraan Asta Food. Total, sudah ada 22 gerai Asta Food yang tersebar di Jakarta dan Depok. "Lima gerai milik pusat, 17 milik mitra," ujarnya.

Tertarik menjajal bisnis gorengan ala Asta Food? Siapkan dana Rp 6 juta. Mitra akan mendapat satu gerobak, peralatan masak, pelatihan karyawan, dan bahan baku tepung. Pihak pusat hanya menyediakan tepung bumbu bagi mitra. Sedangkan bahan baku pisang, tape, dan tahu, beli sendiri.

Pihak pusat tidak memungut biaya royalti, dan membebaskan mitra untuk menentukan harga jual gorengan, tergantung lokasi. "Kisaran harga Rp 1.000 sampai Rp 2.500 per buah," ungkap pria lulusan D3 Akademi Perdagangan Triguna, Jakarta, ini.

Tiap hari, gerai mitra diproyeksikan menghasilkan omzet Rp 50.000–Rp 300.000. Artinya, dalam sebulan sekitar Rp 1,5 juta–Rp 9 juta. Keuntungan bersihnya mencapai 40%.

Irfan memperkirakan, jika saban hari, mitra bisa meraup pendapatan Rp 70.000 saja, maka bisa balik modal kurang dari enam bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×