kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menjajal usaha Mie Ayam Valentine 313


Selasa, 21 Mei 2013 / 16:49 WIB
ILUSTRASI. Pegawai melintas di dekat monitor pergerakan indeks harga saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.


Reporter: Noor Muhammad Falih | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Mi ayam merupakan makanan yang peminatnya sangat banyak. Maka, mi ayam sangat mudah dijumpai, mulai dari yang dijual outlet berupa kios permanen hingga mi ayam  n gerobak. Salah satu yang menawarkan jajanan tersebut adalah Mi Ayam Valentine 313 di Gresik, Jawa Timur.

Abimanyu merintis usaha ini sejak 2008 di bawah bendera CV Abi Jaya Abadi. Katanya, tidak ada perbedaan signifikan antara Mi Ayam Valentine 313 dengan kompetitor. Namun, ia menyajikan menu mi ayam dengan tambahan berupa bakso atau telur puyuh. Harganya dipatok mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 6.000 per porsi.

Dua tahun berselang, pria yang kerap disapa Abi ini mulai menawarkan kemitraan Mi Ayam Valentine 313. “Sekarang total ada 24 gerai. Milik pusat tiga, sisanya milik mitra,” ujarnya. Gerai tersebut tersebar di Gresik, Surabaya dan Kediri.

Jika berminat menjadi mitra Mi Ayam Valentine 313, Anda harus menyiapkan investasi sebesar Rp 28 juta. Kontrak kerjasamanya selama lima tahun. Nantinya, setelah lima tahun, mitra wajib membayar kembali biaya kemitraan, jika berminat melanjutkan kerjasama.  

Dengan paket investasi tersebut, mitra akan mendapat gerobak mi ayam, peralatan primer untuk memasak dan penyajian, kursi plastik, serta bahan baku awal. Mitra juga mendapat pelatihan dan pendampingan di gerai milik mitra selama sebulan.

Setiap bulan mitra wajib belanja bahan baku ke pusat. Pembeliannya diperkirakan 40% dari omzet. Abi juga mengutip biaya royalti 1% dari omzet bulanan.  
 
Ia menargetkan, mitra bisa meraup omzet Rp 30 juta per bulan. Dengan laba bersih 25%, mitra diharapkan bisa balik modal sekitar lima bulan.

Abi membidik minimal tambahan  empat gerai baru hingga akhir tahun ini. Menurutnya, target tersebut memang tidak terlalu tinggi, karena dirinya sedang fokus mendaftarkan beberapa merek lainnya yang juga ia mitrakan di bawah CV Abi Jaya Abadi, seperti es campur dan bakso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×