Reporter: Merlina M. Barbara | Editor: Tri Adi
Dewasa ini, portal lowongan kerja sudah bukan hal yang asing lagi bagi para pencari kerja. Sebut saja beberapa nama yang sudah cukup terkenal seperti Jobstreet.co.id, JobsDB, dan Jobs.id. Seiring berkembangnya teknologi dan prospek bisnis dalam industri tenaga kerja, muncul aplikasi sejenis dengan inovasi tawaran layanan yang lebih mudah.
Salah satunya adalah Karirpad.com. Aplikasi portal lowongan pekerjaan ini baru saja meluncur pada Januari 2015. Indra Prasta, founder Karirpad.com mengatakan, aplikasi ini memiliki kelebihan yakni memiliki eRecruitment System bagi perusahaan. Hadirnya aplikasi ini dilatarbelakangi setelah mereka melakukan riset dan pendekatan dengan corporate human resources (CHR) di beberapa perusahaan. Peluang menghadirkan portal lowongan pekerjaan terbuka lebar saat dirinya bertemu dengan beberapa teman yang memiliki latar belakang di bidang ini.
Saat awal merintis Karirpad.com, Indra yang juga vokalis band lokal The Rain ini sudah mendapat investor, yakni Chandra Ming yang juga merupakan General Manager JobsDB. Butuh waktu satu tahun bagi Indra bersama dengan tim untuk mengembangkan aplikasi ini. Awalnya hanya dibantu oleh delapan orang staf, namun kini dirinya telah memiliki 25 karyawan.
Pangsa pasar utama yang dituju adalah perusahaan-perusahaan yang mencari kandidat karyawan. Namun, aplikasi ini juga bisa digunakan oleh para pelamar kerja untuk bisa mencari lowongan kerja yang sesuai serta mengirimkan aplikasi lamaran langsung secara online.
Ia mencontohkan, apabila perusahaan telah mendapat 100 kandidat yang mengirim lamaran via email, proses selanjutnya tetap dilakukan secara manual seperti menelpon kandidat satu per satu. Kemudian laporan hasil kandidat karyawan menggunakan Excel dan dimasukkan secara manual. Nah, dengan aplikasi di Karirpad.com, proses rekrutmen pegawai bisa lebih mudah.
Indra menjelaskan, timnya akan memegang kendali pada server dan juga maintenance. Klien yakni pihak perusahaan tinggal menjalankan saja. Mereka pun akan mengadakan pelatihan bagi HRD untuk penggunaan dan fungsi dari eRecruitment System. “Pelatihannya sampai dengan saat ini masih belum dibatasi tempo waktunya,” ujar Indra.
Produk jasa yang ditawarkan meliputi Recruitment Management System versi Lite (RMS Lite) atau yang disebut Cost Per Application. Ini bentuk kerjasama yang bersifat semi job hunter. Pada produk ini, perusahaan akan membayar ketika Karirpad.com telah mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan. Untuk jasa ini karirpad.com mematok tarif sebesar Rp 20 juta.
Produk lainnya berupa Recruitment Management System Advanced (RMS Advanced) yang merupakan eRecruitment System. Dalam RMS Advanced, Indra menjamin proses rekrutmen menjadi lebih sistematis dan akurat. Tak hanya itu, layanan ini juga dapat membangun talent pool perusahaan sehingga dapat mengurangi biaya rekrutmen di masa datang. Layanan ini juga di lengkapi dengan sistem pelaporan yang teratur.
Gencar promosi
Menurut Indra, pelaporan atau reporting menjadi penting agar dapat mendorong pengambilan keputusan rekrutmen yang tepat bagi perusahaan. Salah satu yang ada pada reporting ini adalah laporan blacklist terhadap kandidat yang akan tersaring secara otomatis dan juga memuat rekam jejak riwayat kandidat yang telah masuk dalam database perusahaan.
Produk berikutnya adalah Recruitment Management System Enterprise (RMS Enterprise) yang juga merupakan produk terbaru dari Karirpad.com. Indra menjelaskan, RMS Enterprise dibangun menyesuaikan alur dan permintaan perusahaan sehingga sistem antar satu perusahaan berbeda dengan perusahaan lainnya. “Kalau di RMS Advance kerangka sistem antar satu perusahaan itu sama, yang beda hanya soal desain dan tata letaknya saja,” ujar pria lulusan Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada ini.
Produk terakhir adalah Sponsor Listing. Pada produk ini, perusahaan manapun tak hanya klien dapat memasang iklan gratis di Karirpad.com. Selain gratis, pemasangan iklan juga tak dibatasi periode aktif sehingga perusahaan dapat memasang, mengubah dan menghapus iklan sendiri.
Strategi iklan gratis ini terbukti ampuh. Dalam tempo 10 bulan, Karirpad.com dapat menarik 500.000 viewer sampai bulan Oktober lalu. Selain itu, dirinya turut aktif menggandeng media partner untuk memuat info lowongan kerja. Saat ini, Karirpad.com telah memiliki 20 media partner.
Adapun masa kontrak dari RMS Advanced adalah selama satu tahun. Setelah itu, perusahaan wajib membayar apa bila ingin memperpanjang kontrak. Sementara untuk produk RMS Enterprise tidak bersifat kontrak, perusahaan tinggal membayar jasa layanan untuk dipakai seterusnya.
Meski terhitung masih seumur jagung, namun Karirpad.com telah berhasil menggandeng perusahaan besar seperti Mandiri Tunas Finance dengan masa kontrak dua tahun dan Kapan Lagi Network yang langsung teken kontrak tiga tahun. Kedua perusahaan ini memilih produk berupa RMS Advanced dalam proses perekrutan karyawan.
Indra bilang, strategi ke depan untuk membesarkan Karirpad.com adalah dengan merambah ke kampus-kampus untuk mengenalkan perusahaannya serta bergerak aktif dalam mencari rekanan di media. Selain itu, bersama tim, dirinya berencana untuk membuat mobile application. Indra juga punya cita-cita agar kelak, Karirpad.com bisa menjadi rekanan pemerintah yang menjadi acuan pusat karier di setiap kecamatan sekaligus dapat mengedukasi masyarakat terkait portal lowongan pekerjaan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News