kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menubruk takoyaki yang murah meriah


Sabtu, 14 Mei 2016 / 05:05 WIB
Menubruk takoyaki yang murah meriah


Reporter: Tri Adi | Editor: Tri Adi

Selamat pagi, seperti biasa KONTAN telah memilihkan sarapan pagi untuk Anda. Yaitu:  takoyaki. Itu lo camilan asal Jepang. Meskipun berasal dari negara matahari terbit, camilan berbentuk bulat dengan bumbu mayonaise ini sangat disukai semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Jadi enggak salah dong kalau pekan ini KONTAN memilihkan waralaba takoyaki. Kita akan melihat Takoyaki Cinta dan Takoyaki Ayumay. Eh, sudah enggak sabar ya, sampai menelan air liur melulu.

Ya, langsung saja kita ke Bekasi untuk menemui Ardino, si pengusung merek Takoyaki Cinta. Dari namanya sih cukup menyentuh. Apalagi ada yang bilang, masaklah dengan cinta, karena makanan yang dihasilkan akan lezat sampai ke hati.  Duh, Ardino bisa saja ngasih namanya,

Ardino memulai usaha takoyaki pada 4 April 2016 dan langsung menawarkan kemitraan. Hebat ya. Buktinya saat ini, sudah ada 77 gerai Takoyaki Cinta yang berlokasi di Semarang, Surabaya, Tangerang, Palembang, Jakarta, Pekanbaru, dan Bekasi.

Ardino sadar bahwa persaingan di waralaba takoyaki ketat. Pria yang satu ini sudah memikirkannya. Karena itu, varian rasa takoyakinya lebih komplet dibandingkan dengan takoyaki lain. Takoyaki Cinta menyajikan menu dengan berbagai isi seperti bakso, sosis, gurita, otak-otak, dan kornet. Sudah begitu, harga seporsi Takoyaki Cinta juga bersaing sekitar Rp 8.000.

Paket Kemitraan

Takoyaki Cinta   Takoyaki Ayumay
Paket kemitraan
Rp  2,2 juta
  Paket kemitraan
Rp 2,5 juta
Mitra mendapat:  
3kg tepung takoyaki
Booth portable
Perlengkapan usaha dan banner
Pelatihan karyawan
  mitra mendapat:
perlengkapan usaha,
bahan baku awal lengkap,
pelatihan karyawan
booth  portabel
Kerjasama berlangsung seumur hidup selama mitra membeli bahan baku ke pusat.  

Selama menjalin kerjasama, pusat tidak menarik biaya apa pun. Namun adonan tepung takoyaki harus dibeli dari pusat.

Nomot kontak:
081382127045

  Nomor Kontak:
0823 1009 0173
0857 6029 2270

Kalau minat, silakan rogoh kocek Rp 2,2 juta. Sudah murah, kerjasama kemitraannya berlangsung seumur hidup selama mitra membeli bahan baku ke pusat. Ardino memperkirakan mitra bisa balik modal sekitar satu bulan.  Namun, menurut Ardino, lokasi sangat menentukan penjualan. "Karena membidik anak-anak dan remaja, lokasi-lokasi tersebut sangat cocok," ujarnya.  

Sepertinya kita tidak akan beranjak dari Bekasi, karena sekarang kita akan ke Perum Pondok Ungu Permai Sektor V Blok D15 No.  11, Bekasi.  Di sini ada Aan Permana.  Dialah  yang membesut Takoyaki Ayumay.  Menu yang ditawarkan Ayumay di  antaranya takoyaki isi ayam, bakso, telur puyuh, sosis dan kornet.

Merintis usaha Desember 2015, Aan resmi menawarkan kemitraan pada bulan Februari 2016. Saat ini, takoyaki Ayumay sudah memiliki lima cabang yang berlokasi di Jabotabek dan satu gerai di Bekasi milik pusat. "

Mau mencoba bermitra dengan Takoyaki Ayumay? Gampang, siapkan saja duit Rp 2,5 juta.  Biaya ini mencakup pula ongkos kirim jika mitra berlokasi di sekitar Jabotabek. Selebihnya, biaya pengiriman ditanggung mitra.

Aan menargetkan, mitra bisa menjual 60 porsi per hari. Jika target tercapai, omzet per bulan rata-rata Rp 7,5 juta. Margin yang bisa diambil dari usaha ini sekitar 30% atau Rp 2 juta per bulan. Setelah dikurangi biaya bahan baku, gaji karyawan dan sewa tempat, diperkirakan bisa balik modal dalam satu bulan.

Aan menyarankan mitra memilih lokasi di dekat sekolah. Sebab, penggemar terbanyak makanan khas Jepang ini adalah anak sekolah. Selain itu, lokasi usaha di depan minimarket juga bisa menjadi pilihan karena biasanya ramai pengunjung.

Sebelum memutuskan untuk membeli salah satu waalaba di atas, kita dengar dulu pendapat Ketua Komite Tetap Waralaba dan Lisensi Kadin, Amir Karamoy.  menilai, usaha kuliner makanan asing seperti takoyaki masih memiliki potensi di Indonesia. Namun, pelaku usaha harus memiliki target pasar yang jelas. Selain itu, menurut Amir, produk dan rasa makanan harus diperhatikan. Pasalnya, pembeli itu akan loyal dengan rasa makanan, enak atau tidak.

Namun, kalau kita memang sudah sangat ingin berwirausaha dengan membeli waralaba, ya lakukans saja. Jadi teringat sama Dale Carnegie, seorang motivator internasional untuk berbagai kursus pengembangan diri, penjualan, keuangan, public speaking. dan keterampilan interpersonal. Carnegie pernah bilang,  "Banyak hal-hal penting di dunia ini yang diraih oleh orang yang terus mencoba saat sepertinya sama sekali sudah tidak ada harapan baginya." Salam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×