kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Menusuk kenyal cuan usaha bakso aci


Minggu, 25 Agustus 2019 / 05:11 WIB

Menusuk kenyal cuan usaha bakso aci
ILUSTRASI. Baso Aci Juara


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Belakangan gerai bakso aci mulai menjamur di luar kota Bandung, seperti Jakarta dan Madiun.  

Ferry Ary Nugroho pemilik Bakso Aci Gadis mengatakan bakso aci memang sedang viral. Karena, banyak orang yang merasa penasaran dengan makanan khas kota kembang ini.

"Saya baru buka gerai tiga bulan lalu omzetnya sudah mencapai ratusan juta per bulannya," kata Ferry. Asal tahu saja, Ferry membuka gerai Bakso Aci Gadis di Lawu Mall, Madiun.

Ferry menambahkan kebanyakan penggemar bakso aci adalah para millenial. Karena, lidah mereka cocok dengan rasa bakso aci yang pedas dan gurih.

Baca Juga: Menyeruput gurihnya laba dari Arta Baso Tahu Spesial

Satu porsi bakso aci berisi cuanki, aci, ceker, pilus, siomay, dan tahu. Harga seporsinya di patok mulai Rp 20.000 sampai Rp 25.000.  

Berbeda dengan pendapatan Leo Chandra Kumara, pemilik Baso Aci Juara. Dia  menilai makanan ini sudah menjadi makanan sehari-hari masyarakat. Sehingga tidak heran bila gerai bakso aci kian menjamur.

Menurutnya, masyarakat menyukai makanan ini karena isiannya yang beragam. Dalam semangkok bakso aci berisi aci, bakso daging, cuanki, tahu, siomay, dan lainnya.

Leo mematok harga setiap porsi bakso aci mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 25.000.  

Selain itu, bakso aci berhasil menciptakan pasar sendiri, sehingga usaha ini bisa terus tumbuh. "Tingkat penjualan di beberapa gerai baru naik terus sedangkan di gerai lama selalu stabil," jelas Leo.

Sekedar info, total gerai Bakso Aci Juara ada sekitar 85 unit yang tersebar di seluruh Indonesia.

Potensi usaha masih bagus, pengusaha tambah gerai baru

Usaha bakso aci sedang naik daun, para pengusaha bakso aci getol menambah gerai baru. Untuk mempercepat ekspansi usaha, mereka menggunakan sistem franchise. 

Ferry berencana akan merilis penawaran kerjasama Bakso Aci Gadis bulan depan. Saat ini dia bersama tim sedang dalam tahap finishing.

"Saya targetkan bisa buka 200 gerai sampai akhir tahun 2020," katanya. Sampai sekarang, Ferry baru mempunyai satu outlet Bakso Aci Gadis.

Baca Juga: Bisnis cuci motor masih tetap basah  

Seolah tidak ingin kalah, Leo memasang target memiliki 150 gerai sampai akhir tahun 2019. Dia mengatakan sudah ada 10 gerai baru yang akan segera dibuka. Sayangnya, dia enggan mengatakan lokasi pembukaan gerai barunya.

Untuk menjaga usahanya agar tetap eksis Leo rajin melakukan inovasi produk. Baru-baru ini dia meluncurkan menu baru yakni bakso aci indomie series.

"Saya memadukan kuah khas indomie dengan topping bakso aci yang bermacam-macam," katanya.

Berbeda dengan Ferry, saat ini dia memilih untuk fokus menjaga kualitas produk. Agar, konsumen dapat kembali lagi dan lagi.

 

 


Reporter: Tri Sulistiowati
Editor: Tri

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0035 || diagnostic_api_kanan = 0.0017 || diagnostic_web = 1.9717

Close [X]
×