kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menyambar untung tawaran Barracuda


Rabu, 28 Februari 2018 / 11:05 WIB
Menyambar untung tawaran Barracuda


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Bisnis kuliner menjadi salah satu usaha paling menarik di mata pemilik modal. Begitu juga bagi Yopi Adinata, seorang chef yang membuka Barracuda Resto pada 2012 di Madiun, Jawa Timur.  

Gerainya pun berkembang. Dia membuka dua cabang baru di Madiun. Ingin membagi kesuksesannya, Yopi pun menawarkan kemitraan tahun lalu. Kini, ada dua mitra yang sudah bergabung. Mereka ada di Kediri dan Ngawi.  

Lantaran mengincar pasar kelurga, Yopi menyuguhkan masakan rumahan. Ada 30 menu yang dia tawarkan, seperti  babat gongso, udang telur asin dan nasi goreng babat. Harga masakannya mulai Rp 12.000 sampai Rp 45.000 per porsi. Resep keluarga dan kesegaran bahan baku jadi andalannya.

Barracuda Resto menawarkan enam paket kemitraan. Mulai dari paket Gerobak senilai Rp 20 juta, paket tenda senilai Rp 45 juta dan paket teras senilai Rp 80 juta. Pada ketiga paket ini mitra akan mendapat fasilitas gerobak, bahan baku, branding dan pelatihan. Selain disain gerobak, perbedaan ketiganya terletak pada jumlah menu.

Lalu, ada paket mini resto senilai Rp 150 juta. Selain fasilitas bahan baku dan pelatihan, paket ini dilengkapi 10 set meja kursi. Kemudian, ada paket resto senilai Rp 600 juta. Perlengkapan lebih banyak, 30 set meja kursi. Jumlah menu masakannya ada 49 macam.

Terakhir, paket kafe dan resto senilai Rp 750 juta. Fasilitasnya adalah perlengkapan kafe dan resto,  peralatan masak lengkap, bahan baku, pelatihan, branding. Mitra akan mendapatkan seluruh menu yang berjumlah 55 masakan. Paket ini membutuhkan ruang seluas 400 m2.

Untuk menjamin bisnis mitra berjalan dengan baik, kerjasama ini menggunakan sistem full management. Alhasil, mitra tak perlu repot mencari karyawan dan menjalankan usahanya. "Untuk saat ini kami tidak mengenakan bagi hasil, mitra harus mengambil semua kebutuhan bumbu dari pusat," tegas Yopi.  

Dia pun memperkirakan, mitra bisa memperoleh modalnya kembali dalam waktu dua hingga tiga tahun. Dengan catatan, dalam sehari dapat mencapai target omzet  minimal Rp 3 juta. Setelah dikurangi biaya bahan baku dan lainnya, porsi keuntungan bersih yang dapat dikantongi mitra sekitar 30% dari perolehan omzet.

Djoko Kurniawan, Konsultan Usaha menilai potensi usaha pada sektor kuliner masih bagus untuk beberapa tahun kedepan. Namun, untuk resto yang menyajikan masakan chinese food harus menggunakan bumbu yang baku dan bukan mengandalkan koki. Sehingga resep sudah baku dan siapapun yang membuatnya dapat menciptakan rasa masakan yang sama.

Namun, dia menilai, paket kemitraan yang ditawarkan terlalu beragam. "Banyaknya pilihan ini kurang cocok, karena bisa membuat calon mitra justru bingung," jelas dia.        

Barracuda Resto
Jl Sikatan No 4
Madiun, Jawa Timur
HP. 081249376938

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×