kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menyeruput peluang kemitraan usaha Teh Gentong


Rabu, 05 Juli 2017 / 17:12 WIB
Menyeruput peluang kemitraan usaha Teh Gentong


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Havid Vebri

JAKARTA. Teh masih menjadi minuman yang banyak dipilih, baik untuk mengusir dahaga maupun menemani saat bersantap. Sebab, boleh dibilang, minuman ini yang paling aman. Bisa dikonsumsi oleh semua usia. Selain itu, teh mudah ditemukan dan selalu tersedia di berbagai tempat makan. Enak diseduh panas, segar pula diseruput dalam kondisi dingin.

Oleh sebab itu, tak sedikit masyarakat menggeluti bisnis minuman teh cepat saji. Mulai dari skala industri, seperti teh kemasan, hingga mereka yang menyediakan booth khusus teh. Bahkan, konsep booth ini tumbuh menjamur.

Salah satunya Teh Gentong. Disetir oleh Jaka bersama istri sejak 2015, Teh Gentong makin digemari. Melihat geliat pasar yang semakin besar, awal 2017 Jaka mulai menawarkan kemitraan. Kini terdapat dua gerai Teh Gentong yang ada di Kalibata Plaza dan Transmart Pondok Gede. Pada Juli 2017, Jaka mantap membuka gerai mitra yang berada di Mall Summarecon Bekasi dan Plaza Atrium.

Jaka menawarkan dua paket kemitraan. Yakni, Paket Minimalis senilai Rp 7 juta dengan konsep booth berukuran 1x1,5 m2. Sedangkan, paket kedua adalah Paket Reguler senilai Rp 20 juta dengan booth 2x1,8 m2.

Selain itu, mitra juga akan mendapatkan banner, neon box, cup sealer, seragam, lidcup Teh Gentong dan peralatan produksi kecuali bahan baku.

Kemitraan Teh Gentong berlangsung selamanya. Selain itu, mitra juga tidak dibebani royalti fee setiap bulannya. Kemitraan berakhir bila tidak ada pembelian bahan baku ke pusat.

Bila mitra bisa menjual 100 cup di hari biasa dan 150 cup di akhir pekan, maka dapat mengembalikan modal setelah 4-5 bulan. Tak hanya itu, mitra juga bisa mengantongi omzet sebesar Rp 9 juta per bulan untuk paket minimalis dan Rp 16 juta setiap bulan untuk paket reguler. Mitra dapat meraup laba bersih Rp 5 juta untuk paket reguler dan Rp 2 juta per bulan untuk paket minimalis tiap bulannya.

Teh Gentong juga menawarkan sejumlah menu yang lain, yakni jasmine tea, lemon tea, leychee team green tea latte, iced mango, iced milo, hot chocholatte, frenchfries, dan sosis goreng. Sedangkan untuk paket minimalis tidak menawarkan menu hot chocholate dan snack. Setiap menu dibanderol di kisaran harga Rp 5.000-Rp 15.000 per porsi.

Setiap bulan mitra wajib membeli bahan pokok berupa teh, greentea, mango, hot chocolate, lidcup dan cup hot chocolate.

Terdapat syarat minimal luas ruangan untuk membuka gerai Teh Gentong.  Yakni 1x1 m2 untuk paket minimalis dan  2x2 m2 untuk paket reguler. Agar dapat melayani konsumen, gerai Teh Gentong cukup dikelola oleh satu orang karyawan. 

Jaka menyatakan keunggulan produknya dibandingkan kompetitor lain dari segi higienis, penggunaan produk alami, desain yang menarik dan merupakan bisnis jangka panjang. Hingga akhir tahun Jaka menargetkan dapat menggandeng 10 mitra baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×