kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menyeruput segar peluang bisnis sirup buah pala


Kamis, 22 Januari 2015 / 15:18 WIB
Menyeruput segar peluang bisnis sirup buah pala


Reporter: Izzatul Mazidah | Editor: Havid Vebri

Buah pala memiliki banyak sekali manfaat. Selain bijinya dimanfaatkan sebagai rempah-rempah dan  bumbu dapur, buahnya sendiri bayak dimanfaatkan sebagai manisan.
Bahkan, belakangan ini, buah pala juga banyak dipakai sebagai bahan utama pembuatan sirup. Sirup buah pala ini pertama kali diperkenalkan di daerah Jawa Barat dan langsung booming.

Banyak, toko oleh-oleh di Jawa Barat menjual sirup buah pala. Salah satu produsen sirup buah pala ini adalah Cahya asal Sukabumi, Jawa Barat. Ia mulai mencoba memproduksi sirup buah pala sejak tahun 2002. "Berbekal pelatihan yang diadakan BPPT Kota Sukabumi, saya mencoba membuat sirup sari buah pala," katanya.

Seiring berjalannya waktu, sirup buah pala yang diberi merek Segars hasil racikan Cahya kini semakin dikenal. Dalam sebulan, ia mampu memproduksi 2.000 botol sirup buah pala. Untuk pemasaran, Cahya melayani penjualan secara online di situs www.siruppalasegers.blogspot.com. 

Ia juga memiliki toko oleh-oleh khas Jawa Barat di Sukabumi yang sudah dikelolanya sejak tahun 2.000. "Sebenarnya ini usaha warisan orang tuanya," ujarnya. Namun, khusus sirup buah pala murni hasil inovasinya sendiri. Saat ini, sirup buah pala menjadi salah satu produk andalan di tokonya.

Cahya mengaku, seluruh produksi sirup buah palanya selalu habis diserap pasar. Minuman sirup ini dihargainya Rp 22.000 per botol. Dengan harga jual itu, ia bisa mengantongi omzet Rp 44 juta per bulan.

Selain rasanya enak, sirup ini banyak dicari karena mengandung khasiat bagi kesehatan tubuh. Menurut dia, buah pala bisa menyembuhkan berbagai penyakit, seperti mual, maag, insomnia, nyeri, antiseptik mulut dan lain sebagainya.

Rasanya yang manis asam dan agak sepet membuat konsumen yang meminum sirup sari buah pala merasakan segarnya. Selain warga Sukabumi sendiri, kebanyakan konsumennya adalah turis lokal yang sedang berlibur ke Sukabumi dan mencari oleh-oleh. Kebanyakan mereka berasal dari Jakarta, Bandung, Bekasi, Tangerang.

Pemain lainnya adalah Bayu asal Bogor, Jawa Barat. Ia sudah berjualan sirup buah pala sejak tahun 2013. Bayu bekerjasama dengan salah satu produsen sirup sari buah pala merek Chapparelo di Bogor.

Bayu mengakui, popularitas sirup buah pala terus meningkat. Minuman ini disukai karena sensasi rasanya yang memberikan kesegaran dan manfaat buah palanya yang menyehatkan tubuh.

Bayu fokus memasarkan sirup sari buah pala di online, seperti kaskus dan lain-lain. Ia banyak mendapat pesanan dari berbagai kota di seluruh Indonesia. Dalam sebulan Bayu bisa menjual sekitar 50 botol-100 botol sirup buah pala yang dijajakan dengan harga Rp 35.000 per botol. Adapun perolehan omzetnya bisa mencapai Rp 3,5 juta per bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×