kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menyulut peluang usaha sosis bakar


Kamis, 14 April 2016 / 15:20 WIB
Menyulut peluang usaha sosis bakar


Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Rizki Caturini

Bisnis sosis bakar makin marak sejak beberapa tahun belakangan. Selain memiliki pangsa pasar yang luas mulai dari anak-anak hingga remaja, varian produknya pun berkembang dengan tambahan keju, lada hitam serta berbagai topping sausnya.

Melihat peluang bisnisnya yang potensial, Andre Ari Setyawan asal Yogyakarta menjajal peruntungan dengan mendirikan usaha sosis bakar bernama Summer Grill Sausage. Usaha ini  berdiri sejak Maret 2015 dan mulai membuka tawaran kemitraan pada awal Januari 2016.

Saat ini sudah ada dua mitra usaha yang beroperasi di Yogyakarta dan Magelang. "Sementara gerai pusat ada empat, di beberapa mal di Yogyakarta," jelas Andre.
Jika tertarik bergabung, ada dua paket investasi yang ditawarkan, yakni paket Rp 40 juta dan paket Rp 60 juta. Mitra akan mendapatkan fasilitas perlengkapan usaha, booth permanen, promosi, seragam karyawan, pelatihan karyawan, buku panduan, kemasan dan bahan baku awal senilai Rp 1,5 juta.

Perbedaan fasilitas hanya dari kelengkapan perlengkapan usaha  yang didapat mitra lantaran luas tempat usaha serta lokasi usaha kedua paket berbeda. Paket kemitraan Rp 60 juta cocok untuk di mal dengan luas tempat usaha 20 m² dan paket Rp 40 juta untuk di luar mal. "Mitra tinggal menyiapkan tempat usaha dan karyawan," ujar Andre.

Pusat tidak menarik biaya royalti namun mitra harus mengambil bahan baku tiap bulan dari pusat. Biaya pembelian bahan baku sekitar Rp 30 juta sebulan. "Jika mitra sudah tidak ada pengambilan bahan baku dan bumbu selama 6 bulan, maka kami anggap sudah tidak jadi mitra lagi," terang Andre.

Cermati sistem usaha

Summer Grill Sausage menawarkan lima macam menu sosis panggang, seperti original beef bratwurst, cheesy beef bratwurst, blackpepper beef bratwurst, german beef bratwurst dan jumbo blackpepper beef bratwurst. "Keunggulan produk kami dari bahan baku sosis impor  dari Jerman dengan bumbu racikan saus panggang racikan sendiri," klaim dia.

Harga jual menu berkisar Rp 12.000-Rp 20.000 per porsi dengan target pasar menengah ke atas. Estimasi omzet tiap gerai mencapai sekitar Rp 50 juta tiap bulan dengan keuntungan sekitar 30% dari omzet. Target balik modal sekitar setahun. Andre menargetkan bisa menambah minimal 20 mitra sepanjang tahun ini.

Evi Diah Puspita, konsultan waralaba dari International Franchise Business Management berpendapat, perjalanan usaha ini baru berumur setahun. Sehingga belum cukup pengalaman jatuh-bangunnya dalam mempertahankan bisnis, jika ingin ditawarkan kepada masyarakat.

Pusat juga harus memiliki sistem yang sudah benar-benar teruji, seperti strategi pemasaran serta dukungan terhadap perkembangan bisnis mitranya. Selain itu, usaha ini juga harus memiliki keunikan produk yang bisa diunggulkan dibanding usaha sejenis agar tetap bisa bersaing dengan usaha sejenis yang sudah beroperasi sebelumnya.     

Summer Grill Sausage
Perumahan Nandan No 106, Yogyakarta
HP: 081931726665

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×