kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Meraih berkah bisnis jasa perjalanan umroh


Rabu, 06 Agustus 2014 / 17:04 WIB
Meraih berkah bisnis jasa perjalanan umroh
ILUSTRASI. Petugas teller melayani nasabah di kantor cabang Bank Muamalat BSD Tangerang Selatan, Senin (1/1/2022). /pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/01/01/2023


Reporter: Havid Vebri, Primasyah Kristanto | Editor: Havid Vebri

Minat masyarakat untuk berwisata terus meningkat. Bagi mayoritas masyarakat muslim, melakukan wisata religi seperti umroh menjadi pilihan utama.

Tingginya animo masyarakat melakukan umroh ini banyak ditangkap pelaku bisnis jasa tur dan agen perjalanan. Salah satu pemainnya adalah Cheria Wisata Tour and Travel yang fokus menyediakan layanan perjalanan haji, umrah, dan wisata muslim.

Ada banyak layanan yang disediakan, seperti haji plus, umroh plus, wisata muslim ke India dan lain-lain. Harga paket perjalanan yang ditawarkan variatif, mulai dari US$ 1.550 untuk umroh reguler selama sembilan hari, hingga paling mahal di atas US$ 5.000 untuk paket umroh plus wisata ke Eropa.

Berdiri sejak empat tahun silam, kini Cheria Travel sudah memiliki enam cabang yang tersebar di Jabodetabek, Pekanbaru, dan Manado. Untuk meluaskan jaringan cabangnya, Cheria Travel resmi membuka tawaran kemitraan bagi masyarakat luas yang berminat.

Cheria Wisata menawarkan paket kemitraan senilai Rp 50 juta. Mitra mendapatkan brosur, leaflet, spanduk, x-banner, serta training karyawan. Pusat juga menyediakan sistem online untuk penjualan produk, seperti tiket perjalanan dan sebagainya.

Paket master franchise

Selain paket di atas, Cheria Travel juga menawarkan paket master franchise seharga Rp 150 juta. Dalam paket ini, mitra berhak memegang kontrol satu provinsi. Luas ruangan yang dibutuhkan minimal 3 meter persegi.

Haris, Customer Care Cheria Wisata, mengatakan, mitra harus mengikuti harga setiap paket tur yang sudah ditentukan oleh pusat. Mitra sendiri akan mendapat fee dari setiap paket yang berhasil dijual. Fee untuk setiap penjualan paket umroh sebesar US$ 200.

Sementara sebulan, mitra bisa menjual tujuh hingga delapan paket umroh, dengan estimasi omzet Rp 138 juta. Dari omzet itu, mitra bisa mendapatkan fee US$ 1.600 atau sekitar Rp 18 juta.

Dengan fee sebesar itu, mitra bisa balik modal dalam waktu tiga bulan hingga delapan bulan. Kerjasama ini hanya berlaku untuk masa lima tahun. Begitu kontrak habis, mitra wajib memperpanjang kembali sesuai dengan paket yang dipilih. Kerjasama ini juga memungut biaya administrasi sebesar Rp 5 juta per tahun.

Anang Sukandar, pengamat waralaba sekaligus Ketua Umum Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), mengatakan, agar sukses di bisnis ini, kuncinya harus bisa memberikan tarif murah dengan layanan memuaskan.

Hal itu penting di tengah ketatnya persaingan agen jasa perjalanan. "Jadi harus menekan harga untuk membuat suatu ciri khas di mata konsumen," katanya.

Oleh sebab itu, setiap pemain bisnis ini harus menguasai grosir (wholesale) dan eceran. Misalnya, menguasai jaringan  hotel murah, tiket perjalanan yang murah, dan sebagainya.      

Cheria Wisata Tour & Travel
Gedung Twink,
Jl Kapten Tendean Nomor 82, Jakarta Selatan                                                                                                                                                 HP. 0815 9402 441

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×