kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Meraup rezeki bersih dari kotoran baju


Minggu, 02 September 2018 / 05:15 WIB
Meraup rezeki bersih dari kotoran baju

Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Bisnis binatu hingga kini masih menjanjikan. Maklum, makin sibuknya masyarakat membuat pekerjaan menyelesaikan cucian dan setrika baju dan sejenisnya tidak bisa sepenuhnya dilakukan. Inilah yang coba para pelaku bisnis binatu manfaatkan dengan menawarkan tawaran kemitraan usaha.  

Salah satunya Clean Lab Laundry besutan Jayawijayaningtiyas. Pria yang akrab disapa Jay ini awalnya membuat aplikasi binatu dengan menggandeng pemilik binatu untuk menyelesaikan permintaan konsumen sejak 2015.

Kemudian mulai tahun lalu ia kembangkan dengan membuka gerai binatu pribadi. Dan saat ini sudah ada 15 gerai binatu  yang ia kelola yang tersebar di Jakarta dan Tangerang.

Nah, mulai dua bulan lalu, ia mulai menawarkan kemitraan binatu khusus gerai binatu. Untuk sementara ia belum bersedia mengungkap jumlah mitra yang bergabung. "Yang jelas mitra tersebar di Jakarta, Bandung dan kota lainnya," katanya ke KONTAN.

Sama seperti jasa binatu lainnya, ia juga menyediakan cuci kiloan, cuci satuan, dry clean, dan lainnya. Dengan tarif Rp 55.000 per bag (6 kg) dan Rp 20.000 sampai Rp 200.00 per satuan untuk jasa cuci satuan.

Dia mengklaim kelebihan layanannya adalah penggunaan teknologi yang memudahkan konsumen  menggunakan jasanya. Selain itu, meminimalisasi kehilangan atau pakaian yang tertukar.

Bila tertarik, Clean Lab menawarkan empat paket kerjasama. Pertama paket hemat dengan nilai investasi Rp 33,88 juta, yang didapatkan mitra adalah satu unit mesin cuci, satu unit mesin pengering, satu unit setrika uap, satu unit meja vacum, bahan kimia binatu, branding dan pelatihan. Kedua, paket ekonomis Rp 39,94 juta dengan fasilitas sama dengan paket pertama dan ada tambahan satu unit boiler dan dua unit setrika uap.

Ketiga, paket starter Rp  70.562.500. Dengan fasilitas lebih lengkap, seperti mendapatkan dua unit mesin cuci dan pengering. Terakhir, paket elite senilai Rp 87,95 juta dengan fasilitas peralatan yang sudah lengkap dan mitra harus  menyiapkan lokasi  minimal 5x3 meter persegi (m²) dan dua orang karyawan.

Berdasarkan perhitungan Jay, waktu balik modal yang dibutuhkan mitra kurang dari satu tahun. Dengan catatan lokasi gerai strategis dan bisa mencapai target omzet Rp 30 juta per bulan. Adapun keuntungan bersih sekitar 30% dari omzet.  

Konsultan usaha Djoko Kurniawan, menilai usaha binatu saat ini sudah sangat banyak. Untuk itu setiap pebisnis harus  jeli dalam mengelolanya. Terutama dalam hal mengawasi usaha ini supaya tetap berada di jalurnya.
Margin usaha pun agak tipis sehingga pebisnis harus pandai dalam mengontrol operasional usaha. Supaya tidak salah langkah.        

Clean Lab Laundry    
Rukan Greatwall Blok A/26, Jalan Green Lake City Blvd, Cipondoh, Tangerang
HP. 082138320809




TERBARU

Close [X]
×