kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Mobilkamu membidik pertumbuhan bisnis 35% di akhir tahun ini


Sabtu, 17 Agustus 2019 / 12:00 WIB
Mobilkamu membidik pertumbuhan bisnis 35% di akhir tahun ini

Reporter: Venny Suryanto | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penjualan otomotif roda empat memang dalam tren lesu, meski tetap tumbuh. Hanya, ini tak menyurutkan diler penjualan mobil hingga penjualan mobil lewat aplikasi untuk mendorong penjualan.

Salah satunya adalah aplikasi Mobilkamu Aplikasi penjualan mobil baru via online ini sudah berdiri sejak 2015. Hingga kini, mereka memiliki lima areal pemasaran dari Jakarta, Tangerang, Bekasi, Semarang dan Surabaya. Mereka juga punya 500 tenaga pemasaran di wilayah tersebut.

Sampai pertengahan tahun ini, tercatat sudah ada 20.000 leads atau kunjungan (potensi pasar) ke portal tersebut. "Sejauh ini kami sudah menjual hampir 2.000 unit mobil di wilayah Jabodetabek," kata Rizka Novia, Manager of Relations Mobilkamu kepada KONTAN, Senin (5/8).

Baca Juga: Alvara: Start up lokal menjadi tuan rumah di negeri sendiri

Hasil tersebut berkat layanan pemesanan mobil yang Mobilkamu lakukan secara digital yakni lewat surat pemesanan kendaraan elektronik (e-SPK). Fitur ini membuat konsumen tidak perlu datang ke kantor atau tenaga penjual Mobilkamu. Untuk proses pengisian data konsumen mendapat bantuan dari aplikasi khusus salesapp. Aplikasi inilah yang nantinya bakal menjadi e-SPK, setelah seluruh proses pengisian data dan validasinya lengkap.

Baca Juga: Ramai-ramai membidik bisnis penjualan mobil secara online

Langkah selanjutnya adalah pengisian data oleh petugas Mobilkamu. Pasca itu, konsumen akan mendapat data untuk dikonfirmasi keakuratannya. Jika data akurat dan konsumen menyetujui persyaratan, seperti memakai skema kredit, pihak Mobilkamu bakal mengawal proses berikutnya hingga yang terakhir pengiriman unit kendaraan.

Dengan skema tersebut, rata-rata dalam satu bulan, Mobilkamu mengklaim mendapat pesanan 100 unit mobil. Sayang, Rizka tidak merinci skema bisnis yang bisa didapat dari Mobilkamu dari setiap penjualan unit mobil. Yang jelas, ia targetkan sampai akhir tahun ini, penjualan dari Mobilkamu bisa tumbuh 35% dari tahun lalu.




TERBARU

Close [X]
×