kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Murah meriah dari seafood gerobak


Sabtu, 20 April 2019 / 11:00 WIB
Murah meriah dari seafood gerobak


Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi penggemar makanan laut atau seafood, kadang kala khawatir isi kantong bakal terkuras. Harga makanan menu laut relatif mahal, baik di kelas restoran maupun warung tenda.

Nah, beberapa bulan belakangan ini muncul seafood ala gerobak, terutama di sekitar Jakarta dan Tangerang Selatan. Tawaran harganya pun lebih terjangkau di kantong.

Salah satunya gerobak seafood milik Faisal Fajar yang mangkal di sekitar Binus Syahdan, Jakarta Barat sejak akhir tahun lalu. "Ini cabang kelima, pusatnya ada di Lokasari dekat Mangga Besar, Jakarta Barat," katanya kepada KONTAN.

Saat ini gerobak seafood nya sudah ada 16 cabang di sekitar Jakarta Selatan dan Jakarta Barat. Dengan modal gerobak, Faisal menjual aneka seafood seperti kepiting, udang, cumi dan kerang, dengan harga Rp 10.000 per porsi. Ada juga menu paket berisi kerang, udang, kepiting dan cumi dengan harga Rp 35.000–Rp 45.000 per porsi.

Dari banyak cabang itu, saban hari, Faisal mengaku bisa menghabiskan 120 kg–150 kg kerang hijau dan kerang darah. Sedangkan kepiting sekitar 50 kg, udang dan cumi masing-masing sekitar 100 kg. "Pasti habis per hari atau sekitar 150-an porsi per hari," tuturnya.

Gurihnya cuan olahan seafood gerobak ini juga dirasakan oleh Suanda, pemilik Seafood Seahood di Poris, Tangerang. Ia membuka seafood gerobak sejak pertengahan tahun lalu. Kini ia sudah memiliki lima cabang di sekitar Tangerang dan Jakarta.

Ia menawarkan paket menu seafood berisi kerang darah, kerang hijau, kepiting dan lobster. Harganya mulai dari Rp 45.000 per porsi sampai Rp 60.000 per porsi. "Paket jumbo yang mahal isi lebih banyak," jelasnya.

Dalam sehari, Suanda satu gerobak Seafood Seahood bisa menjual sekitar 80 porsi sampai 100 porsi. Penjualan meningkat saat memasuki akhir pekan. Lonjakannya bisa dua kali lipat dibanding hari biasa.

(Bersambung)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×