Reporter: Tri Sulistiowati, Rizki Caturini | Editor: Rizki Caturini
Tawaran menu minuman teh kini makin beragam. Tidak hanya rasa teh asli, para pelaku usaha di sektor ini terus melakukan inovasi rasa. Maklum saja, minuman teh kini sedang tren di tengah masyarakat, terutama di kota-kota besar. Sehingga, makin banyak bermunculan gerai-gerai baru yang berlomba menyajikan inovasi teh dengan aneka rasa.
Salah satunya adalah Calais Artisan Bubble Tea & Coffee. Menu utamanya adalah aneka minuman teh dengan taburan bubble di atasnya. Sebut saja beberapa andalan mereka seperti Jasmine Milk Tea Mango Pudding dan Lavender Milk Tea Pink Bubble. Ada 17 menu minuman teh yang bisa dipilih atau minuman kopi sebagai alternatif.
Calais berdiri sejak 2011. Gerai perdana berada di Kuningan City, Jakarta. Tidak lama berselang, Calais menawarkan kemitraan. "Hingga kini sudah ada empat gerai milik pusat dan 17 gerai milik mitra yang berdiri," kata Natasha, staf pemasaran Calais Artisan Tea & Coffee kepada KONTAN.
Jika tertarik, Calais menawarkan paket investasi sebesar Rp 205 juta. Itu sudah meliputi license fee, perlengkapan, pembangunan interior gerai di mal dan biaya material. Mitra juga akan diberi pelatihan karyawan, seluruh perlengkapan gerai, booth, promosi dan lain-lain. Biaya royalti sebesar 5% dari omzet per bulan dan kontrak kerjasama selama lima tahun. Tiap gerai membutuhkan minimal empat karyawan.
Mereka membanderol harga produknya mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 21.000 tiap gelas. Untuk menjaga kualitas produk dan kesamaan rasa, Calais mengharuskan seluruh mitranya untuk membeli bahan baku dari pusat. Sebab, Calais menggunakan bahan baku teh yang langsung diimpor dari Taiwan. Ini merupakan salah satu keunggulan yang mereka tawarkan dibanding produk lain.
Persaingan rasa teh
Dalam sebulan mitra bisa mendapatkan omzet sekitar Rp 100 juta. Asalkan mitra mempunyai lokasi berjualan yang strategis dan mampu menjual produk Calais sesuai dengan target yang ditetapkan yaitu 222 cup tiap hari.
Keuntungan bisnis ini terbilang lumayan. Setelah dikurangi biaya bahan baku, gaji pegawai, sewa tempat dan lain-lain, setiap bulan mitra bisa mengantongi laba bersih sekitar Rp 30 juta atau 30% dari omzet tiap bulan. Dari hitung-hitungan tersebut, mitra sudah bisa balik modal kurang dari setahun.
Natasha mengklaim, produk teh buatan Calais memiliki kekuatan rasa teh yang unik dan kandungan gula yang tidak membuat tenggorokan gatal.
Amir Karamoy, pengamat waralaba mengatakan, pangsa pasar untuk minuman teh khususnya di kota-kota besar cukup besar. Karena selain kopi, minuman teh sedang tren.
Namun catatan yang perlu diingat adalah persaingan rasa teh yang mereka tawarkan dengan teh buatan lokal. Sebab, teh buatan lokal tidak kalah nikmat dan harganya pun bersaing. n
Calais Artisan Bubble Tea & Coffee
Total Building lt 10, Jln. S. Parman Kav 106, Jakarta.
Telp: 021-56969928
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News