kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45986,07   -3,86   -0.39%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pameran UMKM di MotoGP Mandalika Siap Kibarkan 1.250 UMKM


Sabtu, 05 Maret 2022 / 10:00 WIB
Pameran UMKM di MotoGP Mandalika Siap Kibarkan 1.250 UMKM


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pameran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bakal ikut meramaikan pagelaran MotoGP Mandalika 2022 yang berlangsung 18-20 Maret di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pameran tersebut merupakan sinergi dari sejumlah instansi, seperti Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Bank Indonesia (BI), serta Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB.

Hanung Harimban Rachman, Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM, mengatakan, pameran itu bertujuan untuk mengenalkan ragam produk UMKM Indonesia.

Tentu, UMKM yang akan tampil sudah melewati proses kurasi terlebih dahulu. "Kami harap, produk UMKM unggulan Indonesia ini bisa digunakan oleh lebih banyak pihak," katanya, Jumat (4/3).

Tak tanggung-tanggung bakal ada 1.250 UMKM yang unjuk gigi di pameran UMKM di tengah-tengah perhelatan MotoGP Mandalika. Nantinya, para UMKM tersebut bakal menempati beberapa area di Pertamina Mandalika International Street Circuit yang dikelola beberapa kementerian dan instansi.

Misalnya, Kemenparekraf akan menyiapkan planogram di Bandara Bizam dan food truck di Beach Park. Sementara BI bakal menyiapkan show casing di Sirkuit Mandalika. Sedangkan Dinas  Koperasi dan UKM NTB menyiapkan lokasi showcase UMKM di 14 titik.

Baca Juga: Punya Potensi Besar, Investasi di KEK Mandalika Terus Ditingkatkan

Kementerian Koperasi dan UKM, Hanung menyebutkan, akan menyiapkan pameran produk produk UKM unggulan dari 14 Provinsi di dua titik di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Titik pertama untuk UMKM unggulan dari bidang otomotif, suvenir, dan produk kesehatan. Titik kedua berasal untuk pelaku UMKM kategori makanan dan minuman.

Kementerian Koperasi dan UKM menyiapkan 70 UMKM nonkuliner yang terdiri dari 27 UMKM kategori otomotif, 38 UMKM kategori merchandise dan suvenir, dan 5 UMKM kategori produk kesehatan. Kemudian, untuk kategori makanan dan minuman, ada 45 UMKM.

Sementara Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf menyiapkan 300 UKM dalam bentuk planogram di Bandara Bizam. Kemudian, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif menyiapkan 10 food truck di Beach Park.

Sedang BI menyiapkan 83 UMKM di Sirkuit Mandalika. Dan, Dinas Koperasi dan UKM NTB bersama Grab menyiapkan 45 UKM kuliner.

Selain di Pertamina Mandalika International Street Circuit, ada 14 titik pameran UMKM lainnya. Ambil contoh, di Pelabuhan Bangsal yang diisi 40 UKM, bekas Bandara Selaparang ada 40 UKM, Taman Sangkareang melibatkan 60 UKM, dan Islamic Center ada 60 UKM yang bergabung.

Tanpa menyebut angka transaksi, Hanung menargetkan pameran UMKM dalam rangka MotoGP Mandalika 2022 bisa menggaet sekitar 60.000 pengunjung.     

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×