kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasar Mobil Kemayoran tak tergoncang gempuran mobil baru (2)


Rabu, 07 Februari 2018 / 10:40 WIB
Pasar Mobil Kemayoran tak tergoncang gempuran mobil baru (2)


Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - 

Sentra penjualan mobil bekas di Kemayoran, Jakarta Pusat atau yang lebih dikenal Pasar Mobil Kemayoran (PMK) kerap menjadi tujuan perburuan mobil bekas bagi masyarakat di Jakarta dan sekitarnya. Pilihan mobil bekas dari berbagai merek tersedia di sentra ini.  
 
Kepala Operasional dan Marketing Freeway Motor Kadri mengatakan, pedagang akan berusaha memenuhi kebutuhan konsumen. "Di sini konsumen mau mencari mobil bekas dari merek apapun pasti ada. Mau dari harga di bawah Rp 200 juta sampai yang di atas Rp 500 juta juga ada," jelasnya. 
 
Tak seperti sejumlah bursa mobil lain yang punya target pasar dari kelas ekonomi tertentu, PMK mampu memenuhi kebutuhan pelanggan dari berbagai kalangan ekonomi. 
 
Hal yang sama juga dituturkan oleh Hendry Syahrial, pemilik gerai Raden Auto di PMK. Ia mengatakan, tidak ada spesialisasi mobil dengan kelas tertentu di sentra mobil bekas tertua tersebut. "Mobil bekas dengan harga berapa pun ada di sini. Mungkin itulah yang membuat PMK tetap diminati oleh konsumen," tuturnya. 
 
Meski aneka mobil bekas dari semua kelas tersedia di PMK, kualitas tetap menjadi  perhatian utama para pedagang. Hendry menjamin jika semua mobil sudah lolos proses quality control pada masing-masing gerai. 
 
Menjaga kondisi mobil bekas tetap prima dan bersih jadi dua hal terpenting bagi para pedagang. "Kondisinya dijamin prima, jadi kalau mau dibawa jalan ke luar kota tidak perlu khawatir. Mobilnya juga pasti bersih luar dan dalam," ujarnya. 
 
Tak heran jika konsumen bursa mobil bekas Kemayoran ini datang dari segala penjuru tanah air. Hendry bilang, sejumlah pelanggannya juga datang dari luar Pulau Jawa, seperti dari Sumatra, Sulawesi, Bali, Kalimantan bahkan sampai Papua. 
 
Tiap gerai di PMK memiliki standar kualitas sendiri. Tidak bisa disamakan antara satu gerai dengan gerai yang lainnya. "Saya tidak tahu standar gerai lainnya. Yang jelas kalau di gerai kami tidak menerima mobil bekas kebanjiran dan kecelakaan parah," klaim dia. Alasannya, dua kondisi tersebut berpengaruh terhadap kualitas mesin dan bagian penting lainnya.
 
Selain menyediakan pilihan mobil bekas yang komplit, beberapa gerai di kawasan PMK juga menyediakan jasa perbaikan, modifikasi dan penjualan sparepart mobil maupun motor. Fasilitas inilah yang juga jadi daya tarik PMK. Total ada lebih dari 200 gerai yang menawarkan aneka layanan mulai dari penjualan mobil bekas, penjualan sparepart, modifikasi dan perbaikan mobil bahkan motor. 
 
"Istilahnya Pasar Mobil Kemayoran ini menyediakan one stop shopping otomotif services. Para pelanggan tidak hanya membeli mobil bekas, tetapi juga bisa mendapatkan pelayanan servis bahkan perbaikan apapun di sini," jelas Kadri. Bahkan, pemilik gerai mobil bekas juga kerap merekomendasikan bengkel kepada pelanggannya jika ada masalah pada mobilnya. 
 
Kadri mengatakan rekomendasi bengkel yang diberikan kepada pelanggan tentu rekomendasi terbaik. Tiap gerai mobil bekas di PMK ternyata juga memiliki rekanan bengkel langganan masing-masing. "Lokasi bengkel langganannya macam-macam, ada yang sama-sama di kawasan ini. Ada juga di daerah lain, tergantung gerainya," katanya.    
 
(Bersambung)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×