kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,92   5,28   0.57%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasar Mobil Kemayoran tak tergoncang gempuran mobil baru (3)


Rabu, 07 Februari 2018 / 10:45 WIB
Pasar Mobil Kemayoran tak tergoncang gempuran mobil baru (3)


Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Kawasan Pasar Mobil Kemayoran selalu ramai pengunjung saat akhir pekan. Terutama pada hari Jumat dan Sabtu, pasti terlihat keramaian pengunjung. Sementara, pada hari Minggu sejumlah pemilik gerai ada yang memilih menutup gerainya.  

Menurut Kadri, Kepala Operasional dan Marketing Freeway Motor, besarnya animo pengunjung PMK dapat terjaga lewat layanan dan jasa yang diberikan. Ia mengatakan, ada cara khusus  untuk memberi kenyamanan pelanggan. "Kalau mereka butuh servis mobilnya, ya kami bantu. Misal, pelanggan itu telepon ke sini bilang kalau mobil rusak dan butuh diperbaiki, kami akan datang ke rumahnya bersama orang bengkel untuk perbaiki," paparnya. 
 
Dengan cara itu pula, ia membangun hubungan dengan konsumen. "Cara orang berdagang itu beragam, tinggal kita mau pilih yang mana. Nah, kalau saya pilih tetap menjaga hubungan baik dengan pelanggan baru maupun lama," jelas Kadri.     
 
Lain halnya dengan Hendry Syahrial, pemilik gerai Raden Auto ini memilih untuk memperluas pasar lewat jaringan online. Setahun belakangan, ia aktif beriklan di e-commerce. "Saya lihat penjualan online belakangan ini berkembang pesat, jadi saya juga tertarik untuk terjun ke sana," tuturnya. 
 
Hendry menambahkan, promosi lewat online cukup ampuh mendongkrak penjualan. Sekitar 10%-20% pembeli berasal dari ikan online tersebut.   
 
Meski begitu, penjualan mobil bekas selalu fluktuatif tiap tahun. Pada bulan-bulan seperti Juni, Juli dan Desember biasanya penjualan turun."Bulan Juni dan Juli berbarengan dengan masuk sekolah, banyak orang yang anggaran belanjanya terpakai untuk membeli keperluan sekolah. Kalau bulan Desember, banyak orang liburan akhir tahun," tuturnya. 
 
Penurunannya bisa tembus hingga 50% atau bahkan tak ada penjualan sama sekali.  Dengan demikian para pedagang di kawasan PMK harus bekerja keras mendongkrak penjualan di bulan-bulan lainnya. "Demikian juga memasuki bulan Ramadhan atau menjelang Idul Fitri, sepi. Tapi masih ada pembelilah kalau mau Lebaran gitu, hanya tidak sebanyak bulan lainnya," tutur Hendry.
 
Saat KONTAN berkeliling, ada beberapa kios yang tutup dan sudah tidak dihuni lagi. Saat dikonfirmasi, Kadri menjelaskan jika beberapa pedagang ada yang memilih untuk memindahkan gerainya ke daerah lain. Namun, ia menampik jika tutupnya gerai tersebut karena penjualan mobil bekas sudah tidak menjanjikan.
 
Sebab, sekitar tahun 2014 lalu, beredar isu soal penutupan dan pemindahan Pasar Mobil Kemayoran. Hanya, hingga tiga tahun berlalu, kabar soal pentupan dan pemindahan itu belum jelas. "Nah, ada beberapa pedagang  yang sudah keburu memindahkan showroom ke lokasi lain. Beberapa pindah ke Bekasi dan Serpong," ungkapnya.             
 
(Selesai)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Strategi Penagihan Kredit / Piutang Macet secara Dini & Terintegrasi serta Aman dari Jerat Hukum

[X]
×