kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45760,32   20,32   2.75%
  • EMAS1.009.000 0,70%
  • RD.SAHAM -1.08%
  • RD.CAMPURAN -0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.02%

Pebisnis dari Salatiga ini ubah sampah jadi rupiah


Senin, 14 September 2020 / 07:56 WIB
Pebisnis dari Salatiga ini ubah sampah jadi rupiah
ILUSTRASI. Pebisnis dari Salatiga ini ubah sampah jadi rupiah

Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Mengolah sampah atau barang-barang yang tidak berguna menjadi produk kerajinan sering menjadi tugas di sekolah. Ternyata jika ditekuni, kerajinan bahan baku sampah bisa menghasilkan rupiah.

Seperti yang dilakukan Hartanto dari Salatiga Jawa Tengah. Berawal dari upaya untuk membuang rasa kejenuhan, Hartanto mengolah sampah menjadi kerajinan tangan. Ternyata, produk hasil kerajinan bahan baku sampah itu banyak peminatnya.

Hartanto menceritakan asal-muasal dia mencoba bisnis usaha yang diberi nama artTrash Recycle. Bisnisnya ini dimulai ketika ia sedang menjaga toko yang menjajakan oleh-oleh khas Salatiga.

Di sela-sela menunggu pembelinya, ia mencoba membuat miniatur kerajinan bahan baku sampah . Setelah berhasil merakit beberapa miniatur, dia pun memajang hasil karyanya di toko tempat dia berjualan.

Baca juga: Terkena Covid-19 gelombang kedua, ini yang dilakukan Israel

"Saya pajang semua karya yang saya punya dan olah ketika ada waktu luang. Dari pada bingung mau ngapain, saya cari kegiatan dan ketemulah ide ini dan ternyata ketika ada yang membeli oleh-oleh, mereka juga tertarik untuk memborong miniatur saya semuanya," ujarnya Sabtu (12/9/2020).

Dari situ, Gendoel panggilan akrabnya, memulai menekuni usaha rintisan artTrashnya sambil menjaga bisnis oleh-olehnya. Bagi dia, bisnis artTrash ini seperti hobi yang dijual mahal.

Sudah 10 tahun lamanya Gendoel menjalankan kerajinan bahan baku sampah. Miniatur yang dibuat pun beraneka ragam, mulai dari miniatur custom motor, miniatur rumah hingga miniatur gerobak.

Harga yang dibanderol dari kerajinan bahan baku sampah pun masih bersahabat untuk kantong. Untuk jenis miniatur gerobak, dibanderol mulai dari harga Rp 200.000 hingga Rp 300.000 dan untuk jenis miniatur custom motor dibanderol dengan harga mulai dari Rp 500.000. "Tergantung tingkat kesusahannya sih sebenarnya. Semakin susah merakitnya bisa semakin mahal lagi," ucapnya.



TERBARU

[X]
×