kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,46   6,00   0.65%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pelajari sebelum telan peluang hotel kapsul


Sabtu, 29 September 2018 / 05:15 WIB
Pelajari sebelum telan peluang hotel kapsul


Reporter: Elisabeth Adventa, RR Putri Werdiningsih | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Kini, model hotel kapsul tengah naik daun. Kepraktisan dan efisiensi biaya membuat banyak pelancong memilih hotel kapsul sebagai tempat beristirahat. Peluang inilah yang digarap oleh startup Bobobox.

Setelah merilis hotel kapsul pertamanya di Pasir Kaliki, Bandung, kini Bobobox menawarkan kemitraan. "Hotel kapsul pertama kami baru berjalan sekitar lima bulan lalu. Karena antusiasme sedang bagus, kami buka tawaran kemitraan," kata Hafidz Syahrial, Partnership Executive Bobobox.

Hafidz menjelaskan, calon mitra perlu menyiapkan modal sebesar Rp 1,5 miliar-Rp 5 miliar. Dengan modal Rp 1,5 miliar, mitra sudah bisa memiliki 16-20 kamar hotel kapsul. "Investasi  itu sudah komplet, termasuk renovasi, desain interior, dan semua perlengkapan usaha. Mitra tinggal menyiapkan tempatnya," jelasnya.

Untuk bisa mendirikan Bobobox, mitra harus memiliki tempat dengan luas minimal 225 m². Bangunannya bisa terdiri dari satu lantai atau ruko tiga lantai.

Tarif hotel Bobobox dibanderol mulai Rp 150.000 per box. Jika pelanggan menggunakan aplikasi saat hari biasa, tarifnya bisa Rp 150.000 per box dan  jika di online travel agent, tarifnya menjadi Rp 178.000 per box. Saat akhir pekan, tarifnya naik menjadi Rp 220.000-Rp 228.000 per box.

Meski tarifnya relatif lebih miring, Hafidz meyakini konsep hotel kapsul yang ditawarkannya ini tidak sama dengan lainnya. Unsur teknologi akan menjadi andalan menghadapi persaingan. Proses check in cukup butuh waktu dua menit.

Menurut Hafidz, target market hotel kapsul Bobobox adalah kalangan milenial dan para backpacker. "Visi kami yaitu, everyone can travel with more experience but pat for less," imbuhnya.

Jika ingin menghitung perkiraan omzet, dalam lima bulan terakhir, 62 kapsul hotel milik Bobobox di Bandung tingkat okupansinya sudah mencapai 85%-90%. Pihak pusat Bobobox juga mengenakan biaya manajemen tiap bulan sebesar 5% dari omzet.

Menurut perhitungan Hafidz, mitra bakal mendapat laba bersih 30%-40%. Namun,  perhitungan tersebut berlaku untuk 16 kamar. Prediksi balik modalnya 38-40 bulan.  

Pengamat waralaba Djoko Kurniawan berpendapat kemitraan hotel kapsul ini unik, karena masih jarang penawarannya. Prospeknya juga menarik karena menyasar milenial dan backpaker.

Djoko juga memberi masukan kepada para calon mitra agar memperhatikan betul perhitungan bisnisnya, jangan hanya tergiur dengan pernyataan balik modal yang cepat. "Bisnis hotel ini investasi jangka panjang.

Apalagi kalau biaya menginapnya terjangkau, low rate. Menurut saya tidak masuk akal jika target balik modal sekitar 3,5 tahun. Kalau di hitungan kasar, sekitar 50 bulan," jelasnya.                    

Bobobox
Jl Pasir Kaliki No. 76 A
Pasir Kaliki, Cicendo
Bandung, Jawa Barat
HP. 0811233340

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×