kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Peluang bisnis sewa sepeda motor di kawasan Wisata


Jumat, 22 November 2019 / 17:16 WIB
Peluang bisnis sewa sepeda motor di kawasan Wisata
ILUSTRASI. Motor Plus Touring untuk merayakan ultah ke-17 tabloid Motor Plus, menggunakan 17 sepeda motor, tempuh jarak 282,5 km.

Reporter: Dikky Setiawan | Editor: Dikky Setiawan

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Menjalankan usaha rental atau sewa motor bisa menjadi ladang potensial untuk meraih keuntungan. Kebutuhan para wisatawan terhadap sepeda motor saat berkeliling ke sejumlah tempat wisata, membuat bisnis penyewaan kendaraan roda dua punya prospek yang cerah. Tak terkecuali bagi para pebisnis pemula.

Kun Arief Cahyantoro, pengamat e-commerce dari Institut Teknologi Bandung berpendapat, layanan jasa sewa sepeda motor mengambil ceruk bisnis e-commerce transportasi online seperti Gojek dan Grab. Adanya diferensiasi bisnis, membuat usaha sewa sepeda motor tetap punya peluang, karena bisa diterima pasar.

Namun, lokasi yang strategis menjadi penentu sukses atau tidaknya pebisnis rental menjaring konsumen. Bisnis sewa motor ini biasanya cocok dijalankan di tempat yang dekat dengan lokasi wisata. Maklum, para wisatawan biasanya sangat membutuhkan jasa penyewaan sepeda motor. Pengguna membutuhkan transportasi multi destinasi dan memiliki fleksibilitas waktu. "Ini terutama di daerah-daerah tujuan wisata," kata Kun Arief.

Karena itu, meskipun saat ini daya beli masyarakat di tanah air belum pulih, bisnis sewa sepeda motor tidak banyak terpengaruh. Alasannya, ya itu tadi, target pasar yang dibidik pebisnis sewa sepeda motor sebagian besar adalah kalangan wisatawan dan pengusaha, baik lokal maupun mancanegara.

Meski memiliki prospek cerah, Kun Arief mengingatkan, para perusahaan rintisan penyedia jasa sepeda motor harus tetap menjalankan strategi yang efektif untuk menjaring pasar. Salah satunya, menyediakan kemudahan bagi user untuk mengambil dan mengembalikan unit motor di banyak tempat.

Selain itu, penyedia jasa harus memberikan kemudahan berupa perubahan jadwal atau waktu pemakaian unit kepada konsumen.

Di sisi lain, konsumen juga harus jeli dalam memanfaatkan jasa layanan sewa sepeda motor. Hal ini, terutama menyangkut kemudahan untuk mendapatkan informasi (layanan, lokasi) serta dukungan penggunaan jasa. Misalnya, ketersediaan fasilitas berkendara seperti helm yang baik dan fasilitas penggantian motor jika mengalami kerusakan atau mogok di jalan. "Ini kriteria penting bagi pengguna untuk memilih penyedia jasa rental sepeda motor," tandas Kun Arief.

Konsumen harus memastikan kendaraan yang disewakan telah dilengkapi dengan surat-surat kendaraan seperti STNK dan dokumen penting lainnya. Kelengkapan surat kendaraan akan sangat membantu konsumen ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, mempermudah saat ada operasi atau pemeriksaan dari pihak kepolisian.


Tag


TERBARU

×